Efektivitas model cooperative learning tipe take dangive dengan flashcard terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2

Kusumaningtyas, Mayda (2024) Efektivitas model cooperative learning tipe take dangive dengan flashcard terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005139_JUDUL__240615125100.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005139_BAB_I__240615125100.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005139_BAB_II__240615125100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005139_BAB_III__240615125100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005139_BAB_IV__240615125100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005139_BAB_V__240615125100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005139_DAFTAR_PUSTAKA__240615125100.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005139_LAMPIRAN__240615125100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005139_NASKAH_PUBLIKASI__240615125100.pdf

Download (439kB)

Abstract

Pembelajaran IPAS sangat penting untuk dipelajari karena pembelajaran ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan cara berpikir secara ilmiah, sehingga siswa mampu memahami berbagai hal yang ada di sekitarnya secara alamiah. Namun kebanyakan siswa masih beranggapan bahwa pembelajaran IPAS merupakan pembelajaran yang sulit untuk di pelajari, terutama pada materi bagian-bagian mata manusia dan fungsinya. Hal ini dikarenakan terdapat bagian-bagian dalam mata manusia yang sulit untuk dilihat secara langsung oleh siswa. Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menerapkan model cooperative learning tipe take and give dengan flashcard. Tujuan penerapan model pembelajaran ini dapat berguna melihat keefektifan model cooperative learning tipe take and give dengan flashcard dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group Pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Variabel yang akan diteliti yaitu model cooperative learning tipe take and give (X) dan hasil belajar IPAS (Y). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal Pretest dan posttest. Analisis data menggunakan teknik statistik parametris yaitu Paired Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keefektifan dari model cooperative learning tipe take and give dengan flashcard terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Paired Samples t-Test dengan probabilitas nilai Sig. (2-tailed) 0,000 (0,000 < 0,05). Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat perbedaan nilai rata-rata pengukuran awal (Pretest) sebesar 54,50 dan nilai rata-rata pengukuran akhir (posttest) sebesar 85,25 dengan selisih perbedaan sebesar 30,75. Maka sebagaimana dasar pengambilan Keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal itu juga ditunjukkan, ketika pemberian perlakuan menggunakan model cooperative learning tipe take and give dengan flashcard siswa merasa antusias, bersemangat dan aktif ketika belajar bersama dengan kelompok. Siswa juga lebih cepat menjawab pertanyaan ketika diskusi mengenai materi yang sudah dijelaskan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan pada model cooperative learning tipe take and give dengan flashcard terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Model cooperative learning tipe take and give, flashcard, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 22 Jun 2024 04:03
Last Modified: 22 Jun 2024 04:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64313

Actions (login required)

View Item View Item