Pratiwi, Manisha Intan (2024) Analisis gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005184_JUDUL__240616052419.pdf Download (723kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005184_BAB_I__240616052419.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005184_BAB_II__240616052419.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005184_BAB_III__240616052420.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005184_BAB_IV__240616052420.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005184_BAB_V__240616052420.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005184_DAFTAR_PUSTAKA__240616052420.pdf Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005184_LAMPIRAN__240616052420.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005184_NASKAH_PUBLIKASI__240616052420.pdf Download (549kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada tahap pengembangan di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanan gerakan literasi sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru kelas V dan peserta didik kelas V. Objek penelitian yaitu program Gerakan Literasi Sekolah pada tahap pengembangan di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: Pelaksanaan Gerakan literasi sekolah sudah berjalan cukup baik yaitu sebagai berikut (1) Pelaksanaan gerakan literasi pada tahap pengembangan meliputi kegiatan membaca dan menulis, kegiatan literasi pada tahap pengembangan, adanya lomba literasi, penghargaan peserta didik, kunjungan layanan perpustakaan keliling, pemanfaatan sarana dan prasarana, serta menciptakan lingkungan sekolah yang kaya akan teks, (2) Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari orang tua dan pihak sekolah, sarana dan prasarana yang cukup memadai, adanya pembinaan prestasi, terdapat poster dan mading di lingkungan sekolah, dan ketersediaan dana. (3) Faktor penghambat masih kurangnya minat membaca bagi sebagian peserta didik, tidak adanya pustakawan sehingga tidak mempunyai program perpustakaan, ruang perpustakaan yang kurang nyaman karena sempit, dan persediaan buku yang kurang beragam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Literasi, gerakan literasi sekolah, tahap pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 08:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 08:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64366 |
Actions (login required)
View Item |