Pengaruh program intrakurikuler terhadap profil pelajar pancasila mandiri dan religius di SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Ryandani, Annisa Nurul Nabill (2024) Pengaruh program intrakurikuler terhadap profil pelajar pancasila mandiri dan religius di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005305_JUDUL__240614075712.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005305_BAB_I__240614123948.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005305_BAB_II__240614123948.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005305_BAB_III__240614123948.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005305_BAB_IV__240614123948.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005305_BAB_V__240614123948.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005305_DAFTAR_PUSTAKA__240614123948.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005305_LAMPIRAN__240614123948.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005305_NASKAH_PUBLIKASI__240614123948.pdf

Download (207kB)

Abstract

Saat ini dunia pendidikan tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual saja, melainkan juga diseimbangkan dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Perwujudan dari terbentuknya karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan dalam menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki kepribadian yang unggul. Namun, belakangan ini masih sering ditemui adanya fenomena kasus kemerosotan moral yang terjadi pada kalangan pelajar di Indonesia. Strategi pembentukan karakter dapat disisipkan melalui kegiatan belajar mengajar baik pada mata pelajaran keagamaan maupun pelajaran umum. Melalui program intrakurikuler, peserta didik dapat terlibat dan mempraktikkan secara langsung bagaimana proses karakter tersebut di bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program intrakurikuler terhadap Profil Pelajar Pancasila mandiri dan religius di SD Unggulan Aisyiyah Bantul.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel penelitian 120 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program intrakurikuler sebesar 27% terhadap Profil Pelajar Pancasila mandiri. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program intrakurikuler berpengaruh sebesar 28,8% terhadap Profil Pelajar Pancasila religius. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis penelitian diterima, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sebagaimana dasar pengambilan keputusan yang digunakan yaitu apabila p-value (Sig.2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Program intrakurikuler, profil pelajar pancasila, mandiri, religius
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:52
Last Modified: 20 Jun 2024 07:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64434

Actions (login required)

View Item View Item