Ryandani, Annisa Nurul Nabill (2024) Pengaruh program intrakurikuler terhadap profil pelajar pancasila mandiri dan religius di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005305_JUDUL__240614075712.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005305_BAB_I__240614123948.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005305_BAB_II__240614123948.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005305_BAB_III__240614123948.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005305_BAB_IV__240614123948.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005305_BAB_V__240614123948.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005305_DAFTAR_PUSTAKA__240614123948.pdf Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005305_LAMPIRAN__240614123948.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005305_NASKAH_PUBLIKASI__240614123948.pdf Download (207kB) |
Abstract
Saat ini dunia pendidikan tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual saja, melainkan juga diseimbangkan dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Perwujudan dari terbentuknya karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan dalam menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki kepribadian yang unggul. Namun, belakangan ini masih sering ditemui adanya fenomena kasus kemerosotan moral yang terjadi pada kalangan pelajar di Indonesia. Strategi pembentukan karakter dapat disisipkan melalui kegiatan belajar mengajar baik pada mata pelajaran keagamaan maupun pelajaran umum. Melalui program intrakurikuler, peserta didik dapat terlibat dan mempraktikkan secara langsung bagaimana proses karakter tersebut di bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program intrakurikuler terhadap Profil Pelajar Pancasila mandiri dan religius di SD Unggulan Aisyiyah Bantul.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel penelitian 120 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program intrakurikuler sebesar 27% terhadap Profil Pelajar Pancasila mandiri. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program intrakurikuler berpengaruh sebesar 28,8% terhadap Profil Pelajar Pancasila religius. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis penelitian diterima, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sebagaimana dasar pengambilan keputusan yang digunakan yaitu apabila p-value (Sig.2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Program intrakurikuler, profil pelajar pancasila, mandiri, religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:52 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64434 |
Actions (login required)
View Item |