Giandatenaya, Gibranamar (2024) Strategi penerapan program sekolah pusat keunggulan di SMK Muhammadiyah Kabupaten Magelang. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207046013_JUDUL__240614090200.pdf Download (786kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207046013_BAB_I__240614090200.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207046013_BAB_II__240614090200.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207046013_BAB_III__240614090200.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207046013_BAB_IV__240614090200.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207046013_BAB_V__240614090200.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046013_DAFTAR_PUSTAKA__240614090200.pdf Download (202kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207046013_LAMPIRAN__240614090200.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207046013_NASKAH_PUBLIKASI__240614090200.pdf Download (245kB) |
Abstract
Di tengah tantangan Revolusi Industri, pendidikan vokasi nasional dihadapkan dengan tingginya angka pengangguran pada lulusan SMK sebagai salah satu masalah besar berskala nasional. Badan Pusat Statistik menunjukkan selama tiga tahun berturut-turut, SMK menjadi penyumbang pengangguran terbanyak. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut, maka pemerintah tengah mengeluarkan suatu program Sekolah Pusat Keunggulan dengan tujuan untuk menaikkan kualitas SMK selaku lembaga pendidikan vokasi agar dapat mengatasi permasalahan tenaga kerja nasional. Namun dalam implementasinya, meskipun program sudah berjalan di beberapa sekolah ternyata terdapat temuan di beberapa SMK masih dihadapkan dengan berbagai hambatan, salah satunya pada upaya membangun link and match antara SMK dengan DUDI. Dari masalah tersebut, maka dibutuhkan gambaran terkait implementasi strategis pada program Sekolah Pusat Keunggulan yang diterapkan pada beberapa sekolah dengan dengan tujuan agar dapat diketahui model strategis implementasi program yang efektif dan efisien.
Di wilayah kabupaten magelang, SMK Muhammadiyah sejak tahun 2022 hingga sekarang merupakan SMK yang banyak memperoleh indeks Pusat Keunggulan, beberapa diantaranya adalah SMK Muhammadiyah Salaman dan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dengan kategori akreditasi A dan sebagai sekolah prototype pertama program Sekolah Pusat Keunggulan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam individu, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan sumber, sedangkan teknik analisis data dengan cara: 1). Pengumpulan Data; 2). Reduksi Data; 3). Penyajian Data; dan 4). Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses strategi implementasi program meliputi: 1). Fomulasi Strategi; 2). Implementasi Strategi; 3). Evaluasi Strategi dimana kegitanya didukung oleh faktor Kepemimpinan Instruksional sebagai penentu arah gerak manajerial.
Secara keseluruhan, penerapan program dilaksanakan dalam upaya realisasi kerjasama pendidikan dengan Industri melalui upaya branding sekolah dan negosiasi, hingga adanya upaya peningkatan Sumber Daya Manusia pada guru dan peserta didik melalui kegiatan: 1). Best Practise; 2). Discovery Learning; 3) Project Base Learning; 4). Kewirausahaan; 5). Tutot Sebaya. Dalam pelaksanaannya, peran kepala sekolah dalam implementasi kepemimpinan instruksional berperan penting dalam suksesi penerapan program Sekolah Pusat Keunggulan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Sekolah pusat keunggulan, strategi implementasi program, kepemimpinan instruksional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:27 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64437 |
Actions (login required)
View Item |