Musallamah, Qoni'ah (2024) Implementasi program tuntas Ebta Iqro dalam penguatan bacaan Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031276_JUDUL__240615102844.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031276_BAB_I__240614124908.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031276_BAB_II__240614124909.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031276_BAB_III__240614124909.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031276_BAB_IV__240614124909.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031276_BAB_V__240614124909.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031276_DAFTAR_PUSTAKA__240614124909.pdf Download (176kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031276_LAMPIRAN__240614124909.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guna meningkatkan pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik di sekolah, maka diperlukan program implementasi baca Al-Qur’an dan peran guru dalam pembimbingannya. Implementasi dari program inilah yang kemudian bisa mempermudah pengarahan dan meningkatkan bacaan Al-Qur’an peserta didik yang bisa ditinjau dari segi penerapan program dan peran guru di sekolah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi program Tuntas Ebta Iqro yang dibuat oleh sekolah serta peran guru dalam bimbingan di kelas untuk menyelesaikan permasalahan baca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekkan keabsahan data, dilakukan dengan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian, yaitu: 1) Implementasi program tuntas Ebta Iqro dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an dimulai dari perencanaan program oleh sekolah, pelaksanaan dilakukan oleh guru pendamping Ismuba dan non Ismuba, serta evaluasi program secara sumatif dan formatif oleh koordinator program Tuntas EBTA Iqro. 2) Peran guru dalam menguatkan bacaan Al-Qur’an pada program EBTA Iqro yaitu dengan menerapkan metode belajar, keteladanan dan kedisiplinan, kegiatan klasikal, serta evaluasi setelah melaksanakan program Tuntas EBTA Iqro.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, peran guru, program Iqro |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64449 |
Actions (login required)
View Item |