Penanaman nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta

Hidayat, Taufik (2024) Penanaman nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005362_JUDUL__240622103726.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005362_BAB_I__240622103726.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005362_BAB_II__240622103726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005362_BAB_III__240622103726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005362_BAB_IV__240622103726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005362_BAB_V__240622103726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005362_DAFTAR_PUSTAKA__240622103726.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005362_LAMPIRAN__240622103726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kasus korupsi di Indonesia terus-menerus terjadi di berbagai aspek pemerintahan. Perilaku korupsi di Indonesia seakan-akan sudah membudaya, sehingga korupsi susah untuk diberantas. Maka dari itu pendidikan formal hadir dan ikut andil dalam pemberantasan korupsi di Indonesia melalui program pendidikan antikorupsi yang diajarkan sejak dini. SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta memiliki program penanaman nilai-nilai antikorupsi yang harapannya dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia dengan menghindari perbuatan korupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Metode penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan wawancara melibatkan kepala sekolah, guru wali kelas satu dan empat, dan peserta didik. Keabsahan data yang digunakan menggunakan untuk pengumpulan data dan sumber data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkahnya, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian , dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta telah menjalankan program penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui berbagai kegiatan. Kegiatan utama dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Strategi yang digunakan guru dan faktor pendukung serta faktor penghambat mempengaruhi kesuksesan dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada peserta didik . selain itu sarana dan prasarana serta dukungan dari masyarakat memberikan dampak positif bagi terlaksananya program sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Korupsi, pendidikan antikorupsi, pendidikan pancasila
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:23
Last Modified: 19 Jul 2024 07:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64594

Actions (login required)

View Item View Item