Hidayat, Taufik (2024) Penanaman nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005362_JUDUL__240622103726.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005362_BAB_I__240622103726.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005362_BAB_II__240622103726.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005362_BAB_III__240622103726.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005362_BAB_IV__240622103726.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005362_BAB_V__240622103726.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005362_DAFTAR_PUSTAKA__240622103726.pdf Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005362_LAMPIRAN__240622103726.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kasus korupsi di Indonesia terus-menerus terjadi di berbagai aspek pemerintahan. Perilaku korupsi di Indonesia seakan-akan sudah membudaya, sehingga korupsi susah untuk diberantas. Maka dari itu pendidikan formal hadir dan ikut andil dalam pemberantasan korupsi di Indonesia melalui program pendidikan antikorupsi yang diajarkan sejak dini. SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta memiliki program penanaman nilai-nilai antikorupsi yang harapannya dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia dengan menghindari perbuatan korupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Metode penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan wawancara melibatkan kepala sekolah, guru wali kelas satu dan empat, dan peserta didik. Keabsahan data yang digunakan menggunakan untuk pengumpulan data dan sumber data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkahnya, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian , dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta telah menjalankan program penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui berbagai kegiatan. Kegiatan utama dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Strategi yang digunakan guru dan faktor pendukung serta faktor penghambat mempengaruhi kesuksesan dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada peserta didik . selain itu sarana dan prasarana serta dukungan dari masyarakat memberikan dampak positif bagi terlaksananya program sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Korupsi, pendidikan antikorupsi, pendidikan pancasila |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64594 |
Actions (login required)
View Item |