Ego tokoh utama dalam novel Sheila karya Torey Hayden dan kesesuaiannya dengan pembelajaran sastra kelas XII di SMA

Wahyuni, Indah Sri (2024) Ego tokoh utama dalam novel Sheila karya Torey Hayden dan kesesuaiannya dengan pembelajaran sastra kelas XII di SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000003030_JUDUL__240621100739.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000003030_BAB_I__240620092147.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000003030_BAB_II__240620092147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000003030_BAB_III__240620092147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000003030_BAB_IV__240620092147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000003030_BAB_V__240620092147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003030_DAFTAR_PUSTAKA__240620092147.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000003030_LAMPIRAN__240621113306.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepribadian ego yang memengaruhi perilaku dan interaksi tokoh utama pada novel Sheila dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Ego tokoh utama dalam novel Sheila karya Torey Hayden dan (2) Mendeskripsikan kesesuaian novel Sheila karya Torey Hayden dengan pembelajaran sastra kelas XII di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra teori struktur kepribadian ego Sigmund Freud dan teori Rahmanto untuk bahan ajar sastra. Subjek penelitian ini yaitu novel Sheila karya Torey Hayden. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Mizan cetakan pertama oktober 2022. Objek penelitian ini adalah ego tokoh utama pada novel Sheila karya Torey dan kesesuaian dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik baca catat dan kajian Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif interpretatif dengan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Ego tokoh utama dalam novel Sheila karya Torey Hayden meliputi patuh, tidak membenci, ketidaksenangan, marah, kecemasan, memberikan perintah, penyesalan, mengekspresikan perasaan, mengatasi kecemasan dan didominasi oleh takut yang disebabkan faktor kenyataan tindakan orang tuanya; dan (2) Novel Sheila karya Torey Hayden tidak sesuai untuk dijadikan bahan ajar sastra kelas XII di SMA dikarenakan tidak memenuhi 3 kriteria bahan ajar sastra menurut Rahmanto dari segi aspek bahasa, psikologi dan latar belakang budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ego, novel Sheila, pembelajaran sastra, Sigmund Freud, Torey Hayden
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:30
Last Modified: 19 Jul 2024 07:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64635

Actions (login required)

View Item View Item