Chaliq, Marhamatul Aliyah (2024) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Culturally Responsive Pedagogy (CRP) pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kreativitas dan capaian hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Waipare Propinsi Nusa Tenggara Timur. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2008041022_JUDUL__240621055517.pdf Download (889kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2008041022_BAB_I__240620073300.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2008041022_BAB_II__240620073300.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2008041022_BAB_III__240620073300.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2008041022_BAB_IV__240620073300.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2008041022_BAB_V__240620073300.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2008041022_DAFTAR_PUSTAKA__240620073300.pdf Download (413kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2008041022_LAMPIRAN__240620073300.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2008041022_NASKAH_PUBLIKASI__240619055158.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan kreativitas dan capaian hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Waipare yang tergolong rendah karena belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis culturally responsive pedagogy. Proses pembelajaran yang masih konvensional membuat peserta didik kurang kreativ dalam mempelajari IPA serta capaian hasil belajar peserta didik tergolong rendah.
Dalam penelitian ini digunakan metode ADDIE untuk menghasilkan modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis culturally responsive pedagogy yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis budaya lokal Kabupaten Sikka yaitu Tarian Hegong yang berkaitan dengan materi suhu dan kalor.
Hasil penelitian ini menunjukkan modul berbasis CRP termasuk kategori valid yang meliputi skor 4,2 untuk ahli materi dan 4,3 untuk ahli media sehingga modul tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil nilai asesmen dan uts kemudian diuji dengan rumus N Gain untuk mengukur efektivitas pembelajaran berdiferensiasi menggunakan SPSS dan mendapatkan hasil 0.7234 dengan kategori tinggi dan 72 % dengan kategori cukup efektif, seangkan tingkat kreativitas peserta didik dan capaian hasil pembelajaran meningkat dari 63,5 menjadi 88,4 atau meningkat 39%.
Kesimpulan penelitian ini sudah memenuhi aspek kelayakan dalam mengembangkan modul berbasis culturally responsive pedagogy, serta ada hubungan yang positif antara kreativitas dan capaian hasil belajar peseta didik. Saran dari peneliti adalah tetap menggunakan budaya lokal dalam pembuatan modul selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran berdiferensiasi, berbasis CRP, kreativitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64646 |
Actions (login required)
View Item |