Analisis strategi pemasaran produk tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus PT. BPRS Madina Mandiri Sejahtera)

Sandini, Marshanda (2024) Analisis strategi pemasaran produk tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus PT. BPRS Madina Mandiri Sejahtera). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000032035_JUDUL__240621082352.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000032035_BAB_I__240621082352.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000032035_BAB_II__240621082352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000032035_BAB_III__240621082352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000032035_BAB_IV__240621082352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000032035_BAB_V__240621082352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000032035_DAFTAR_PUSTAKA__240621082352.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000032035_LAMPIRAN__240621082352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh BPRS Madina Mandiri Sejahtera untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan haji. Untuk menganalisis kendala dan solusi apa saja yang ada dalam kegiatan strategi pemasaran produk tabungan haji di BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan induksi analisis. BPRS Madina Mandiri Sejahtera sudah menerapkan marekting mix 4P namun belum berhasil. Dari segi product tabungan haji ini sudah bisa bersaing dengan produk tabungan haji di Bank lain, dari segi price sudah standar, dari segi place sudah strategis, tetapi dari segi promotion masih kurang luas. Adapun strategi khusus yang diterapkan adalah menawarkan produk tabungan haji dengan imbal bagi hasil setara dengan deposito 12 bulan, teknik canvasing dan nasabah eksisting. Penerapan strategi dari pihak BPRS Madina Mandiri Sejahtera berpengaruh bagi nasabah dalam menggunakan produk tabungan haji BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Kendala yang dihadapi oleh BPRS Madina Mandiri Sejahtera adalah persepsi masyarakat tentang syarat nomor kursi dalam tabungan haji yang salah, kurangnya minat terhadap produk tabungan haji karena kurangnya kerjasama dengan travel haji dan umrah serta kurangnya promosi. Solusi yang diusahakan bank meliputi sosialisasi melalui presentasi dengan menggunakan power point untuk memperjelas alur produk tabungan haji, mencari informasi tentang travel haji dan umrah, dan melakukan promosi kepada travel dan jasa tour terkait produk tabungan haji. Layanan di BPRS Madina Mandiri Sejahtera dianggap memuaskan karena adanya sistem pick-up service yang memudahkan nasabah dalam menyetorkan uang tabungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi, pemasaran, tabungan haji, BPRS madina mandiri sejahtera.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-islamic banking(perbankan syariah)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:18
Last Modified: 25 Jun 2024 06:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64664

Actions (login required)

View Item View Item