Sandini, Marshanda (2024) Analisis strategi pemasaran produk tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus PT. BPRS Madina Mandiri Sejahtera). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000032035_JUDUL__240621082352.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000032035_BAB_I__240621082352.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000032035_BAB_II__240621082352.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000032035_BAB_III__240621082352.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000032035_BAB_IV__240621082352.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000032035_BAB_V__240621082352.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000032035_DAFTAR_PUSTAKA__240621082352.pdf Download (208kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000032035_LAMPIRAN__240621082352.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh BPRS Madina Mandiri Sejahtera untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan haji. Untuk menganalisis kendala dan solusi apa saja yang ada dalam kegiatan strategi pemasaran produk tabungan haji di BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan induksi analisis. BPRS Madina Mandiri Sejahtera sudah menerapkan marekting mix 4P namun belum berhasil. Dari segi product tabungan haji ini sudah bisa bersaing dengan produk tabungan haji di Bank lain, dari segi price sudah standar, dari segi place sudah strategis, tetapi dari segi promotion masih kurang luas. Adapun strategi khusus yang diterapkan adalah menawarkan produk tabungan haji dengan imbal bagi hasil setara dengan deposito 12 bulan, teknik canvasing dan nasabah eksisting. Penerapan strategi dari pihak BPRS Madina Mandiri Sejahtera berpengaruh bagi nasabah dalam menggunakan produk tabungan haji BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Kendala yang dihadapi oleh BPRS Madina Mandiri Sejahtera adalah persepsi masyarakat tentang syarat nomor kursi dalam tabungan haji yang salah, kurangnya minat terhadap produk tabungan haji karena kurangnya kerjasama dengan travel haji dan umrah serta kurangnya promosi. Solusi yang diusahakan bank meliputi sosialisasi melalui presentasi dengan menggunakan power point untuk memperjelas alur produk tabungan haji, mencari informasi tentang travel haji dan umrah, dan melakukan promosi kepada travel dan jasa tour terkait produk tabungan haji. Layanan di BPRS Madina Mandiri Sejahtera dianggap memuaskan karena adanya sistem pick-up service yang memudahkan nasabah dalam menyetorkan uang tabungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, pemasaran, tabungan haji, BPRS madina mandiri sejahtera. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-islamic banking(perbankan syariah) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 06:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 06:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64664 |
Actions (login required)
View Item |