Keefektifan layanan konseling kelompok integrasi seni kreatif visual untuk meningkatkan respectful mind pada peserta didik

Yuniar, Arina Putri (2024) Keefektifan layanan konseling kelompok integrasi seni kreatif visual untuk meningkatkan respectful mind pada peserta didik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001086_JUDUL__240620114806.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001086_BAB_I__240620114806.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001086_BAB_II__240620114806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001086_BAB_III__240620114806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001086_BAB_IV__240620114806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001086_BAB_V__240620114806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001086_DAFTAR_PUSTAKA__240620114806.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001086_LAMPIRAN__240620114806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di sekolah yang menunjukkan terdapat siswa yang memiliki Tingkat respectful mind rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 4 Yogyakarta, bahwasanya terdapat permasalahan yang mana peserta didik bersikap intoleransi dalam menghadapi perbedaan. Selain sikap intoleransi terjadi juga perilaku perundungan yang dilakukan oleh beberapa peserta didik. Hal ini bertolak belakang dari aspek respectful mind yaitu menerima dan menghargai perbedaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keefektifan konseling kelompok integrasi seni kreatif visual untuk meningkatkan respectful mind.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian sejumlah 8 siswa dengan tingkat respectful mind terendah di kelas X E6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan instrumen skala respectful mind yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji validitas menggunakan SPSS dihasilkan bahwa dari 32 pernyataan terdapat 7 pernyataan yang dinyatakan tidak valid sehingga menghasilkan 25 pernyataan valid. Sedangkan hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,723 dan menunjukan bahwa skala respectful mind reliabel. Analisis yang digunakan yaitu uji Paired Sample t-test.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 <a (0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan adanya penurunan yang signifikan antara tingkat respectful mind sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok integrasi seni kreatif visual dengan modalitas yang digunakan photography. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok integrasi seni kreatif visual efektif dalam meningkatkan respectful mind peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konseling kelompok, seni kreatif visual, respectful mind
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:49
Last Modified: 25 Jun 2024 01:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64687

Actions (login required)

View Item View Item