Fadillah, Vickri Nur (2024) Nilai moral dalam pantun nasehat karya Tenas Effendy dan relevansinya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003029_JUDUL__240622075148.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003029_BAB_I__240622075149.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003029_BAB_II__240622075149.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003029_BAB_III__240622075149.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003029_BAB_IV__240622075149.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003029_BAB_V__240622075149.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003029_DAFTAR_PUSTAKA__240622075149.pdf Download (216kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003029_LAMPIRAN__240622075149.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003029_NASKAH_PUBLIKASI__240622075149.pdf Download (256kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan nilai pendidikan dalam Pantun Nasehat karya Tenas Effendy yang memiliki relevansi dengan pembentukan karakter sehingga perlu dikaji dengan kajian Hermeneutika paul Ricoeur. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam Pantun Nasehat karya Tenas Effendy sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP dan (2) mendeskripskan Pantun Nasehat karya Tenas Effendy sebagai alternatif bahan ajar di SMP.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah pantun nasihat. Sedangkan objeknya adalah nilai pendidikan yang terdapat dalam buku Pantun Nasehat karya Tenas Effendy. Penelitian ini menggunakan kajian Hermeneutika Paul Ricoeur dan juga dikaitkan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dan teknik catat. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dalah peneliti sendiri yang berperan sebagai human instrument dengan bantuan perlengkapan yang berbentuk kartu informasi/data dan tabulasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik analisi deskripstif kualitatif dengan kajian Hermeneutika Paul Ricoeur.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, nilai pendidikan yang ditemukan dalam buku Pantun Nasehat karya Tenas Effendy ditemukan sebanyak 201 data pantun. Nilai pendidikan tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu agama dan moral. Dengan demikian, dapat disimpulkan dari dua kategori pantun tersebut menyatakan bahwa masyarakat Melayu sangat menjunjung tinggi religuisitas dan moralitas. Kedua, Pantun Nasehat karya Tenas Effendy sesuai sebagai alternatif bahan ajar berdasarkan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai pendidikan, pantun, Hermeneutika Paul Ricoeur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 07:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64732 |
Actions (login required)
View Item |