Indriani, Tiara (2024) Implementasi gerakan literasi sekolah melalui program pocapoli di SD Muhammadiyah Kedungbanteng Ii. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005315_JUDUL__240624030125.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005315_BAB_I__240624025628.pdf Download (335kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005315_BAB_II__240624025628.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005315_BAB_III__240624025628.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005315_BAB_IV__240624025628.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005315_BAB_V__240624025628.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005315_DAFTAR_PUSTAKA__240624025628.pdf Download (314kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005315_LAMPIRAN__240624025628.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui program pocapoli dan faktor pendukung serta penghambat daam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II. Peserta didik di Indonesia memiliki tingkat minat baca yang rendah. Selain ketersediaan buku yang belum memadai, rendahnya motivasi membaca dikalangan peserta didik menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah. Saat ini masih banyak peserta didik yang lebih suka menonton televisi dan bermain gadget dari pada suka membaca. Di sekolah dasar, pembiasaan membaca mempunyai peranan yang sangat penting. Program gerakan literasi sekolah ini sangat penting untuk di terapkan di lembaga pendidikan. Karena dengan adanya gerakan literasi sekolah dapat meningkatkan pembiasaan membaca dan menulis.
Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian antara lain kepala sekolah, guru dan siswa. Objek penelitian mengenai gerakan literasi sekolah melalui program pocapoli di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II. Teknik analisis data dilakukan dengan reduction, data display, conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II telah menerapkan gerakan literasi sekolah dengan menyediakan buku untuk meningkatkan pembiasaan literasi siswa. Dari penerapan gerakan literasi sekolah berhasil meningkatkan pembiasaan membaca siswa. (2) Faktor pendukung adalah antusias seluruh warga sekolah, fasilitas pojok baca, internet memadai, dan perpustakaan sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu dari segi fasilitas ketersediaan pojok baca yang kurang memadai, kurangnya kemauan dari diri sendiri untuk membaca, dan kegaduhan siswa yang dapat mengganggu siswa lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, GLS, pembiasaan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64746 |
Actions (login required)
View Item |