Arofah, Dinar Nur (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar siswa SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006005_JUDUL__240622032930.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006005_BAB_I__240622032930.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006005_BAB_II__240622032930.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006005_BAB_III__240622032930.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006005_BAB_IV__240622032930.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006005_BAB_V__240622032930.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006005_DAFTAR_PUSTAKA__240622032930.pdf Download (104kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006005_LAMPIRAN__240622032930.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar siswa yang belum maksimal karena cara mengajar guru yang konvensional dan monoton, minat belajar siswa yang rendah, serta anggapan siswa pada pembelajaran matematika yang kurang menarik. Model problem based learning menjadi salah satu alternatif dalam menyampaikan materi kepada siswa melalui media powerpoint dan lembar kerja siswa sebagai sarana untuk memecahkan suatu permasalahan sehingga siswa lebih tertarik dengan pembelajaran yang mengakibatkan minat belajar siswa menjadi lebih tinggi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh interaksi model problem based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dan model konvensional yang ditinjau dari minat belajar siswa. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan jumlah 5 kelas, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket untuk mengetahui minat belajar dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan validitas isi dengan penilaian yang dilakukan oleh dosen dan validitas butir soal menggunakan teknik korelasi Product Moment. Selanjutnya, uji reliabilitas angket minat belajar menggunakan Cronbach Alpha sedangkan untuk soal tes hasil belajar menggunakan Kuder Richardson (KR-21). Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah ANAVA bantuan excel dan Anova Kontras dengan bantuan SPSS. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa 1) model problem based learning dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) adanya perbedaan hasil belajar antara penggunaan model problem based learning dan model konvensional baik dari minat belajar yang tinggi maupun minat belajar yang rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Problem based learning, hasil belajar siswa, minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64837 |
Actions (login required)
View Item |