Hidayah, Raidha (2024) Pengembangan teknik permainan ular naga untuk mereduksi agresivitas siswa SMK Muhammadiyah Gamping. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001085_JUDUL__240624115450.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001085_BAB_I__240624115450.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001085_BAB_II__240624115450.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001085_BAB_III__240624115450.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001085_BAB_IV__240624115450.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001085_BAB_V__240624115450.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001085_DAFTAR_PUSTAKA__240624115450.pdf Download (240kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001085_LAMPIRAN__240624115450.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Agresivitas adalah suatu perilaku atau tindakan seseorang yang mempunyai tujuan untuk menyerang, mencelakakan atau bertindak secara kasar terhadap orang atau objek yang ada di sekitarnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah Gamping mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani agresivitas belum maksimal dan penggunaan media dalam layanan bimbingan kelompok belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberterimaan media permainan ular naga dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas siswa SMK Muhammadiyah Gamping setelah melalui uji ahli materi, media, dan ahli layanan.
Penelitian ini memakai jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan memakai model pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Metode pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian dari ahli validasi, penyebaran kisi-kisi instrumen skala agresivitas dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan instrumen penilaian uji validasi materi, media, dan layanan, skala agresivitas serta pedoman wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah untuk melakukan suatu pengembangan media permainan ular naga dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas siswa SMK Muhammadiyah Gamping.
Hasil penelitan pengembangan ini diukur berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli yang diantarnya yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli layanan. Hasil validasi yang dilakukan oleh uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 80 yang termasuk dalam kategori baik, uji ahli media mendapatkan nilai sebesar 88,88 yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan uji ahli layanan mendapatkan nilai sebesar 87,5 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil dari penilaian para ahli secara keseluruhan memiliki rata-rata sebesar 85,46 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut, maka pengembangan buku panduan permainan ular naga dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas siswa SMK Muhammadiyah Gamping dinyatakan layak untuk digunakan baik bagi peserta didik maupun guru bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Agresivitas, permainan ular naga, bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:06 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64846 |
Actions (login required)
View Item |