Asira, Nutri (2024) Penerapan pemodelan Viscap dan metode SMARTER untuk pemilihan brand ambassador produk kecantikan lokal di Indonesia (studi kasus: aktor drama Korea). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018261_JUDUL__240625091742.pdf Download (885kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018261_BAB_I__240624121210.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018261_BAB_II__240624121210.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018261_BAB_III__240624121210.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018261_BAB_IV__240624121210.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018261_BAB_V__240624121210.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018261_DAFTAR_PUSTAKA__240624121210.pdf Download (211kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018261_LAMPIRAN__240624121210.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perawatan kulit wajah sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang. Banyak perusahaan baru di industri kecantikan yang bermunculan dan terus berinovasi untuk menciptakan produk kecantikan. Meskipun Indonesia memiliki banyak brand lokal dengan produk berkualitas dan harga terjangkau, mayoritas masyarakat lebih memilih brand luar negeri karena memiliki kesan mewah dan eksklusif. Untuk memenangkan persaingan pasar, perusahaan perlu merumuskan strategi pemasaran yang efektif, salah satunya dengan menggunakan brand ambassador. Azarine merupakan salah satu brand kecantikan lokal yang berhasil mencapai peningkatan penjualan dengan dukungan dari brand ambassador aktor drama Korea, yaitu Lee Min Ho. Proses pemilihan brand ambassador memiliki banyak pertimbangan, karena brand ambassador akan mempromosikan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemilihan brand ambassador pada aktor drama Korea untuk produk kecantikan lokal di Indonesia berdasarkan pemodelan VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction, and Power) dan metode SMARTER (Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank)
Pengambilan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, dan dokumentasi yang mengambil data dari berbagai sumber. Penelitian menggunakan 30 data aktor drama Korea yang diambil dari situs resmi Lembaga Riset Bisnis Korea pada situs https://brikorea.com dari bulan September 2023 sampai Februari 2024. Tahapan penelitian meliputi identifikasi masalah, kajian studi literatur, pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan sistem, dan pengujian sistem. Sistem dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk pengelolaan database. Pengujian sistem dilakukan dengan tiga metode, yaitu expert judgement, blackbox, dan SUS.
Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan brand ambassador aktor drama Korea pada produk kecantikan lokal di Indonesia yakni Azarine. Pengujian Expert Judgement mendapatkan hasil sebesar 86%, artinya pemodelan VisCAP dan metode SMARTER dapat diterapkan dalam proses pemilihan brand ambassador aktor drama Korea. Hasil pengujian Black-box menunjukkan bahwa semua fitur telah berjalan sebagaimana mestinya. Pengujian SUS memperoleh skor 82, dinyatakan bersifat Acceptable, yang berarti bahwa sistem dapat diterima dengan baik oleh pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Aktor Drama Korea; Brand Ambassasor; Sistem Pendukung Keputusan; VisCAP; SMARTER |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:23 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64853 |
Actions (login required)
View Item |