Pengaruh kompetensi mutikultural terhadap sikap toleransi peserta didik kelas IV di 8 SD N Kota Yogyakarta

Pratama, Vinda Ayu (2024) Pengaruh kompetensi mutikultural terhadap sikap toleransi peserta didik kelas IV di 8 SD N Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005317_JUDUL__240626080433.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005317_BAB_I__240626080433.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005317_BAB_II__240626080433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005317_BAB_III__240626080433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005317_BAB_IV__240626080433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005317_BAB_V__240626080433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005317_DAFTAR_PUSTAKA__240626080433.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005317_LAMPIRAN__240626080433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005317_NASKAH_PUBLIKASI__240626080433.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kompetensi multikultural di era globalisasi dapat dibangun dengan pendidikan multikultural, namun pada kenyataannya belum diimplementasikan secara maksimal. Akibatnya, nilai-nilai keberagaman mulai memudar karena kurangnya kesadaran toleransi antar peserta didik yang berbeda agama. Sebagai peserta didik, sangat penting untuk memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural, namun hingga saat ini, kompetensi multikultural peserta didik SD di kota Yogyakarta masih belum diketahui secara jelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh kompetensi mutkultural terhadap sikap toleransi peserta didik SD negeri di kota Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian statistik inferensial, menggunakan Teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada peserta didik SD negeri di kota Yogyakarta dengan menggunakan sample 8 sekolah dan 285 peserta didik. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah linearitas dan regresi linear sederhana.
Dari hasil penelitian secara analisis bahwa kompetensi multikultural peserta didik SD Negeri di kota Yogyakarta dikategorikan sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan presentasi hasil angket yang telah diuji dengan persentase sebesar 12,7%, dan untuk sikap toleransi peserta didik SD Negeri di kota Yogyakarta tinggi 15,7% . hal ini terlihat berdasarkan analisis regresi, dengan diperoleh persamaan garis (a)=42,854, sedangkan nilai (b) ==0,042 sehingga persamaannya yaitu Y= 42,854+0,042X. analisis regresi linear menunjukkan adanya pengaruh positif(+) antara kompetensi multikultural dengan sikap toleransi dengan setiap peningkatan 1% dalam kompetensi multikultural berhubungan dengan peningkatan sikap toleransi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kompetensi multikultural, sikap toleransi peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:41
Last Modified: 11 Jul 2024 01:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64861

Actions (login required)

View Item View Item