Rajab, Rajab (2024) Penerapan kurikulum ISMUBA pada pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Tanjung Redeb. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107046027_JUDUL__240626093416.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107046027_BAB_I__240626093417.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107046027_BAB_II__240626093417.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107046027_BAB_III__240626093417.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107046027_BAB_IV__240626093417.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107046027_BAB_V__240626093417.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107046027_DAFTAR_PUSTAKA__240626093417.pdf Download (160kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107046027_LAMPIRAN__240626093417.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keberlangsungan proses pembelajaran akan terkonsep dan berjalan dengan baik apabila penerapan kurikulumnya maksimal. Hadirnya wabah pandemi covid- 19 yang terjadi di Indonesia, memiliki berbagi dampak bagi dunia pendidikan yang mengalami perbedaan dengan sebelumnya. Dalam menyesuaikan kondisi tersebut, guru dan peserta didik belum memiliki kesiapan yang matang dalam sistem pembelajaran daring atau jarak jauh. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan kontribusi dalam penerapan kurikulum pada pembelajaran daring serta dapat menjadi referensi dan alternatif teori bagi para sekolah lain dan praktisi pendidikan di sekolah masing- masing.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni memaparkan berbagai kondisi yang ditemukan di lapangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penerapan kurikulum ISMUBA pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tanjung Redeb. Berdasarkan proses analisis data yang telah dilakukan, penerapan kurikulum ISMUBA pada pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Tanjung Redeb mencakup dalam 4 (empat) aspek ruang lingkup yaitu aspek perencanaan kurikulum, aspek pengorganisasian kurikulum, aspek pengarahan kurikulum, dan aspek evaluasi kurikulum.
Berdasarkan hasil temuan penelitian tentang penerapan kurikulum ISMUBA pada pembelajaran daring di SD Muhmmadiyah Tanjung Redeb dapat ditarik kesimpulan antara lain: 1) Adanya keterlibatan seluruh warga sekolah dalam rapat penyusunan kurikulum yang didalamnya memuat prosedur penyusunan, perencanaan serta pengintegrasian. 2) Terdapat beberapa mekanisme pengorganisasian kurikulum yang sudah dilaksanakan. 3) Pengarahan kurikulum memerlukan perhatian khusus terhadap beberapa aspek kunci. Salah satunya adalah bentuk pengarahan kurikulum yang harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam proses ini, keterlibatan tenaga ahli sangat penting. 4) Dalam evaluasi kurikulum ISMUBA terdapat mekanisme evaluasi kurikulum yang pada pelaksanaannya melibatkan pihak luar sekolah yang dianggap mumpuni di bidang tersebut dalam rangka membantu proses evaluasi kurikulum ISMUBA.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum ISMUBA, pembelajaran daring, penerapan kurikulum |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64862 |
Actions (login required)
View Item |