Pembelajaran mufrodât bahasa Arab menggunakan metode Drill bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta

Wahyuni, Febrianti Dwi (2024) Pembelajaran mufrodât bahasa Arab menggunakan metode Drill bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000028048_JUDUL__240625012541.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000028048_BAB_I__240625012542.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000028048_BAB_II__240625012542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000028048_BAB_III__240625012542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000028048_BAB_IV__240625012542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000028048_BAB_V__240625012542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000028048_DAFTAR_PUSTAKA__240625012542.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000028048_LAMPIRAN__240625012542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran mufrodât bahasa Arab untuk anak-anak saat ini berkembang dalam bentuk pendidikan dalam sekolah dasar, dengan menyesuaikan kurikulum yang terdapat pada sistem sekolah anak. Pada pembelajaran mufrodât bahasa Arab bagi siswa kelas III SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta ini berlandaskan dengan penggunaan metode drill. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam terkait pembelajaran mufrodât dan dampak dari penggunaan metode drill pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. Dampak dari pembelajaran mufrodât bahasa Arab menggunakan metode drill ini membantu siswa memahami dan mengingat materi dengan lebih baik melalui latihan dan pengulangan yang berulang. Pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode drill membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Arab. Namun, pembelajaran mufrodât bahasa Arab berdampak tidak kepada semua anak, melihat setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda, meskipun mereka terlibat dalam metode pembelajaran yang sama.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dan objek pada penelitian ini mencangkup guru pembelajaran bahasa Arab, siswa dan lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran mufrodât bahasa Arab di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. Dalam proses pembelajarannya pengajar melalui langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode drill dalam pembelajaran mufrodât bahasa Arab ini tergolong efektif menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik masing-masing

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran bahasa Arab, siswa sekolah dasar, metode Drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:33
Last Modified: 04 Jul 2024 08:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64920

Actions (login required)

View Item View Item