Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V DI SD Negeri Tuguran Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024

Akbar, Septyan Hikmal (2024) Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V DI SD Negeri Tuguran Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005195_JUDUL__240625014823.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005195_BAB_I__240625014823.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005195_BAB_II__240625014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005195_BAB_III__240625014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005195_BAB_IV__240625014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005195_BAB_V__240625014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005195_DAFTAR_PUSTAKA__240625014823.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005195_LAMPIRAN__240625014823.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005195_NASKAH_PUBLIKASI__240625014823.pdf

Download (549kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hal sangat penting dalam proses pembelajaran, karena hasil belajar dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Akan tetapi, hasil belajar peserta didik masih dalam kategori rendah atau belum mencapai kriteria kelulusan minimal. Permasalahan yang ditemukan ialah pada kegiatan pembelajaran yang belum menggunakan model. Guru belum mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, dikarenakan guru masih menggunakan gaya belajar bersifat ceramah atau konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model problem based learning pada pembelajaran matematika dan bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta diidk kelas V di SD Negeri Tuguran.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan eksperimen menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling sehingga didapatkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Tuguran berjumlah 15 peserta didik. Pengumpulan data guide observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis paired sampel test. Penerapan model problem based learning dengan uji paired sampel test memperoleh hasil signifikansi 0,01. Nilai sig tersebut < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Hasil analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning memberikan peningkatan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD Negeri Tuguran. Penelitian dilakukan dengan tiga pertemuan yaiti satu kali pembelajaran belajar dengan pemberian perlakuan. Peserta didik mengalami peningkatan sebelum perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 40-70 dan setelah mendapatkan perlakuan dengan nilai rata-rata 70-80 yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis data hasil belajar mengalami peningkatan yang cukup ssignifikan dengan presentase 87% kelulusan setelah adanya perlakuan. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, diharapkan integrasi model pembelajaran ini untuk mengoptimalkan hasil belajar dalam proses pembelajaran disekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Model pembelajaran problem based learning, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:23
Last Modified: 03 Jul 2024 07:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64923

Actions (login required)

View Item View Item