Penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar materi wujud zat dan perubahannya pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo

Meytasari, Alfina Cahya (2024) Penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar materi wujud zat dan perubahannya pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005094_JUDUL__240627120529.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005094_BAB_I__240627120529.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005094_BAB_II__240627120529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005094_BAB_III__240627120529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005094_BAB_IV__240627120529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005094_BAB_V__240627120529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005094_DAFTAR_PUSTAKA__240627120529.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005094_LAMPIRAN__240627120529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005094_NASKAH_PUBLIKASI__240627120529.pdf

Download (452kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memerlukan penggunaan metode
pembelajaran yang menarik. Namun saat ini, pembelajaran IPA masih cenderung
menggunakan metode konvensional yang menyebabkan rendahnya keterampilan
proses sains dan hasil belajar siswa. Permasalahan ini dapat diatasi dengan
menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan
proses sains dan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode eksperimen dalam
pembelajaran di kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo terutama pada materi
Wujud Zat dan Perubahannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Muhamamdiyah Karangharjo
dengan subjek penelitian 17 siswa kelas IV. Objek penelitiannya adalah
keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam
dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari tiga pertemuan yang meliputi
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan mencakup observasi, tes, dokumentasi dengan instrument pengumpulan
data berupa tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen efektif
dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SD
Muhamamdiyah Karangharjo. Peningkatan keterampilan proses sains tercermin
dari partisipasi aktif siswa, kemampuan mengamati, membedakan dan
mengelompokkan objek, keberanian dalam menyajikan hasil,memaparkan hasil
didepan kelas serta kemampuan menyimpulkan. Skor rata – rata keterampilan
proses sains meningkat dari 54% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Hasil
belajar juga meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Karena
telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 66% dari jumlah keseluruhan siswa
memperoleh nilai lebih atau sama rata dengan KKM (≥ 70), maka penelitian ini
dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Eksperimen, keterampilan proses sains, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Jun 2024 06:52
Last Modified: 29 Jun 2024 06:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64990

Actions (login required)

View Item View Item