Febriyanti, Annisa Dwi (2023) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik storytelling untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Wonosobo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001030_JUDUL__231213112543.pdf Download (811kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001030_BAB_I__231213112543.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001030_BAB_II__231213112543.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001030_BAB_III__231213112543.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001030_BAB_IV__231213112543.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001030_BAB_V__231213112543.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001030_DAFTAR_PUSTAKA__231213112543.pdf Download (185kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001030_LAMPIRAN__231213112543.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900001030_NASKAH_PUBLIKASI__231213112543.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan literasi pada seseorang yang semakin menurun karena adanya teknologi digital pada saat ini menyebabkan rerata orang sudah jarang untuk membaca buku atau menerapkan budaya literasi. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literiasi diantaranya yaitu: (1) Memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini (2) Membuat lingkungan belajar yang kondusif (3) Menggunakan teknologi dalam pembelajaran (4) Mendorong diskusi dan refleksi, dan (5) Memberikan umpan balik dan dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas XI SMA melalui layanan bimbingan kelompok teknik storytelling.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen one group pretest-postest. Pada penelitian kuantitatif banyak dituntut dengan menggunakan angka. Selain data yang berupa angka, dalam penelitian kuantitatif juga ada data yang berupa informasi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kemampuan literasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Wonosobo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Instrument pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah lembar kuisioner dengan model skala likert 1-4.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) pengujian instrumen kepada kelas tersebut, kemudian peneliti melakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan software IBM SPSS 16.0. Setelah diketahui jumlah validitas dan reliabilitasnya, ada 28 instrumen yang valid dan 19 instrumen yang tidak valid. Berdasarkan dari hasil uji coba reliabilitas dapat diketahu reliability statistic pada nilai Cronbach's Alpha 0,696 dari 47 item dinyatakan reliabel dengan kategori sedang. Instrumen yang sudah valid, kemudian diujikan kembali kepada kelas eksperimen yaitu XI 1 dan XI 2 untuk dijadikan sebagai pre test dan sebelum dilakukan treatment layanan bimbingan kelompok.
Sebelum layanan dilakukan, siswa kelas XI 1 dan XI 2, diberikan pretest sebanyak 50 siswa. (2) Fungsi dari storytelling untuk meningkatkan rasa senang seseorang, baik itu melalui storytelling melalui lisan atau melalui media. menambah kosa kata, frasa, hingga pandai merangkai kalimat yang enak untuk didengar dan dibaca. menambahkan wawasan seseorang. Ketika mendengarkan atau membaca storytelling pasti akan ada wawasan baru yang didapat, sehingga menghadirkan sudut pandang baru juga dalam menilai suatu masalah. memperoleh nilai moral yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik storytelling dikaitkan dengan kemampuan literasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Wonosobo. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Storytelling efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Wonosobo.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Layanan bimbingan kelompok, teknik storytelling, kemampuan literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65140 |
Actions (login required)
View Item |