Hafidhah, Faraiswari (2023) Pengembangan media kartu kedamaian dalam mereduksi agresivitas remaja kelas VIII SMP 5 Muhamadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001254_JUDUL__230516114741.pdf Download (997kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001254_BAB_I__230516114741.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001254_BAB_II__230516114741.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001254_BAB_III__230516114741.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001254_BAB_IV__230516114741.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001254_BAB_V__230516114742.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001254_DAFTAR_PUSTAKA__230516114742.pdf Download (140kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001254_LAMPIRAN__230516114742.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan dapat diarahkan untuk membuat sumber daya manusia untuk mengembangkan potensi dirinya yang aktif. Undang-undang No.20 tahun 2003 pasal 3, mengenai sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk karakter serta bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. salah satunya yaitu karakter cinta damai. Salah satu konflik yang ada yaitu berkembangnya agresivitas pada diri remaja yang terjadi berbagai macam kasus agresivitas remaja disekolah yang justru akan mendorong munculnya persepsi negatif tentang iklim sekolah pada warga sekolah sehingga aktualisasi diri mereka dalam belajar disekolah tidak dapat maksimal. Tujuan pengembangan penelitian ini adalah untuk memberikan media permainan kartu kedamaian yang kreatif dan inovatif kartu kedamaian ini berisikan pertanyaan-pertanyaan tentang komponen- komponen kedamaian dan harus dijawab oleh siswa yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai alat media dalam memberikan layanan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseach and development (RnD) dengan menggunakan model Brog and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu revisi desain dengan melalukan ujivalidasi dengan ahli materi, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala agresivitas, dan wawancara dengan guru BK. Subjek penelitian ini ada sebanyak 132 siswa kelas VIII SMP 5 Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian dan pengembangan diukur berdasarkan penilaian uji ahli materi, ahli media, ahli layanan, dan analisis data numerik.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan media kartu kedamaian dalam meredukasi agresivitas remaja adalah uji ahli materi mendapatkan skor 90,2 dengan kategori sangat baik, ujivalidasi media mendapatkan skor 82,1 dengan kategori sangat baik, dan ujivalidasi layanan bimbingan dan konseling mendapatkan skor 86,9 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling maka Pengembangan Media Kartu Kedamaian Dalam Mereduksi Agresivitas Remaja Kelas VIII SMP 5 Muhammadiyah Yogyakarta dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Agresivitas, bimbingan kelompok, kedamaian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:24 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65190 |
Actions (login required)
View Item |