Analisis faktor-faktor niat beli konsumen terhadap produk deterjen ramah lingkungan (studi kasus: Gunungkidul dan Kulon Progo)

Anuar, Arjun (2023) Analisis faktor-faktor niat beli konsumen terhadap produk deterjen ramah lingkungan (studi kasus: Gunungkidul dan Kulon Progo). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800019102_JUDUL__230528070138.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800019102_BAB_I__230528070138.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800019102_BAB_II__230528070138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800019102_BAB_III__230528070138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800019102_BAB_IV__230528070138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800019102_BAB_V__230528070138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800019102_DAFTAR_PUSTAKA__230528070138.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800019102_LAMPIRAN__230525055656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy

Abstract

Produk deterjen konvensional memberikan kontribusi terhadap timbulnya pencemaran lingkungan. Dengan mewujudkan produk ramah lingkungan hal ini menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Dengan melihat beberapa pertimbangan dalam menciptakan produk deterjen ramah lingkungan salah satunya dengan melihat niat beli seseorang terhadap suatu produk dengan menggunakan faktor yang mempengaruhi niat dalam membeli. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap produk deterjen ramah lingkungan.
Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Theory Of Planned Behaviour dengan penambahan faktor norma moral. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 200 data, metode pengolahan data dengan analisis regresi linear berganda. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Attitude (X1), Subjective Norm (X2), Perceived Behavior Control (X3) dan Moral Norm (X4).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Gunungkidul faktor Subjective Norm, dan Moral Norm memiliki pengaruh signifikan sedangkan faktor Perceived Behavior Control dan Attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention seseorang dalam membeli produk deterjen ramah lingkungan. di Kabupaten Kulon Progo faktor Attitude, dan Moral Norm memiliki pengaruh signifikan sedangkan faktor Perceived Behavior Control dan Subjective Norm tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention seseorang dalam membeli produk deterjen ramah lingkungan. Faktor tersebut secara simultan dapat menjelaskan niat seseorang dalam membeli produk deterjen ramah lingkungan sebesar 48,6% pada kabupaten Gunungkidul dan sebesar 60,8% pada Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Detergen ramah lingkungan, norma moral, purchase itention, regresi linear berganda, TBP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:13
Last Modified: 08 Jul 2024 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65196

Actions (login required)

View Item View Item