Komaladewi, Rostini (2023) Nilai moral dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dan kaitannya dengan bahan ajar sastra di SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900003022_JUDUL__230622033137.pdf Download (645kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900003022_BAB_I__230621032329.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900003022_BAB_II__230621032329.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900003022_BAB_III__230621032329.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900003022_BAB_IV__230621032329.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900003022_BAB_V__230621032329.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003022_DAFTAR_PUSTAKA__230621032329.pdf Download (60kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900003022_LAMPIRAN__230621032329.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari isi novel terutama pada nilai moral, serta unsur-unsur pembuatan bahan ajar sastra. Novel Si Anak Pelangi merupakan karya dari Tere Liye. Teori pada penelitian ini menggunakan teori pragmatik sastra, perhatian utama dalam pendekatan pragmatik ada pada peranan pembaca. Sudut pandang pragmatik juga menilai karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca. Tujuan tersebut bisa berupa pendidikan, moralitas, agama, atau tujuan lainnya. Pada penelitian ini memiliki tujuan (1) Mendeskripsikan wujud nilai moral novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye, (2) Mendeskripsikan bentuk penyampaian nilai moral dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye, dan (3) Mendeskripsikan kesesuaian novel sebagai bahan ajar dalam pembelajaran di SMA.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Objek penelitian ini adalah wujud nilai moral, bentuk penyampaian nilai moral, dan kesesuaian novel Si Anak Pelangi sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik sastra dan juga dikaitkan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA, khususnya pada materi novel. Metode pengumpulan data menggunakan metode teknik baca catat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penelitian sendiri (human instrument) dengan bantuan perlengkapan yang berbentuk kartu informasi/data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Teknik analisis deskriptif dengan kajian pragmatik sastra.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Nilai moral dalam novel Si Anak Pelangi ini dibagi kedalam 3 wujud. Nilai moral yang paling banyak terdapat dalam novel ini menggunakan prinsip hubungan manusia dengan manusia lain. Sesuai dengan ketiga prinsip hubungan, didapatkan hasil dominan pada nilai moral berbakti kepada orang tua, nasihat orang tua kepada anak, berterima kasih. (2) Bentuk penyampaian nilai pada novel ini dominan menggunakan penyampaian secara langsung terhadap pesan atau ajaran moral yang disampaikan. Tujuannya agar nilai moral mudah diterima oleh pembaca. (3) Kesesuaian antara novel dan bahan ajar pembelajaran sastra sangat terpenuhi melalui aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang kebudayaan, karena pada novel ini dapat membantu keterampilan berbahasa, meningkatkan pengetahuan budaya, mengembangkan cipta dan rasa, dan menunjang pembentukan watak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Novel Si Anak Pelangi, nilai moral, pragmatik sastra |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 01:30 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 01:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65307 |
Actions (login required)
View Item |