Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas argumentasi dan kognitif siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati SMA Negeri 1 Pleret

Wulandari, Shely Dwi (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas argumentasi dan kognitif siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati SMA Negeri 1 Pleret. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900008096_JUDUL__231127015335.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900008096_BAB_I__231127015335.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900008096_BAB_II__231127015335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900008096_BAB_III__231123123224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900008096_BAB_IV__231123123224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900008096_BAB_V__231123123224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900008096_DAFTAR_PUSTAKA__231123123224.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900008096_LAMPIRAN__231123123224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas siswa dalam berargumentasi dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas X FASE E SMA Negeri 1 Pleret masih kurang maksimal. Sementara argumentasi sangat penting dimiliki siswa untuk menyampaikan ide, pendapat atau gagasan yang dimiliki. Faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas argumentasi dan hasil belajar kognitif siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang sama secara terus-menerus. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas argumentasi siswa dan 2) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kognitif siswa di SMA Negeri 1 Pleret.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment, dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Pleret semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah total sebanyak 180 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu dua kelas dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas X Fase E 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Fase E 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah total sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi aktivitas argumentasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar soal. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik infrensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap aktivitas argumentasi siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Pleret dengan nilai rata-rata persentase pada kelas kontrol yaitu 18% dan pada kelas eksperimen yaitu 33%. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kognitif siswa karena menunjukkan rata-rata nilai postest yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu 71.66 dan pada kelas eksperimen yaitu 87.77.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Teams Games Tournament (TGT), aktivitas argumentasi, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:10
Last Modified: 11 Jul 2024 04:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65334

Actions (login required)

View Item View Item