Anggerawati, Rena (2024) Pengaruh Mathematical Creative Self Efficacy terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SD Muhammadiyah Kalipakem 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005093_JUDUL__240803124928.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005093_BAB_I__240803124928.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005093_BAB_II__240803124928.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005093_BAB_III__240803124928.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005093_BAB_IV__240803124928.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005093_BAB_V__240803124928.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005093_DAFTAR_PUSTAKA__240803124929.pdf Download (149kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005093_LAMPIRAN__240803124929.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dirangkai permasalahan bahwa rendahnya tingkat literasi numerasi siswa di Indonesia, seperti yang tergambar dari hasil PISA 2022 yang menunjukkan skor rata-rata siswa hanya mencapai 366 poin dalam bidang matematika. Kondisi ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu,pendekatan konvensional dalam pembelajaran matematika yang kurang memotivasi dan kurangnya pengembangan keterampilan berpikir kritis serta kreatif dalam menyelesaikan masalah juga menjadi kendala utama. Oleh karena itu, peningkatan literasi numerasi dan self efficacy menjadi kunci untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mathematical Creative Self Efficacy terhadap Kemampuan literasi numerasi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kalipakem 1.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif explanatori (Explanatory research) dengan desain bersifat asosiatif. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V SD Muhammadiyah Kalipakem 1 yang terdiri kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik menguji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk
mengidentifikasi dan mengukur pengaruh mathematical creative self efficacy terhadap literasi numerasi siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Mathematical Creative Self Efficacy terhadap Kemampuan literasi numerasi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kalipakem 1. Analisis regresi menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam kemampuan literasi numerasi berhubungan dengan peningkatan sebesar 1,091 satuan dalam
mathematical creative self efficay (Y=1,091 +54,945X). Uji statistik menegaskan bahwa nilai t hitung 7,780 secara signifikan lebih besar dari nilai t tabel 2,045, menunjukkan bahwa pengaruh mathematical creative self efficacy terhadap literasi numerasi adalah signifikan. Koefisien determinasi sebesar 68,4% menunjukkan bahwa sebagian besar variabilitas dalam mathematical creative self
efficacy dapat dijelaskan oleh literasi numerasi, sementara 31,6% sisanya
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kepribadian, motivasi, sikap terhadap
matematika, dan lingkungan sosial. Pentingnya pengembangan literasi numerasi
dalam konteks pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam menghadapi dan memecahkan masalah matematika secara kreatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Mathematical creative self ef icacy, kemampuan literasi numerasi, siswa SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75947 |
Actions (login required)
View Item |