Pengembangan modul untuk membelajarkan literasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP

Devi Prihartanti, Oktavia (2023) Pengembangan modul untuk membelajarkan literasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006100_JUDUL__231012031411.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006100_BAB_I__231012104734.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006100_BAB_II__231012104734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006100_BAB_III__231012104734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006100_BAB_IV__231012104734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006100_BAB_V__231012104735.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006100_DAFTAR_PUSTAKA__231012104735.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006100_LAMPIRAN__231012104735.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006100_NASKAH_PUBLIKASI__231012104735.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta diperoleh informasi bahwa peserta didik masih kurang akan pemahaman literasi matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan modul materi bangun ruang sisi datar untuk membelajarkan literasi matematika dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul materi bangun ruang sisi datar untuk membelajarkan literasi matematika.
Peneliti mengembangkan modul ini dengan model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta berjumlah 28 peserta didik. Sebelum diujicobakan modul ini divalidasi oleh para ahli materi dan ahli media. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket, dan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil yang diperoleh skor rata – rata ahli materi adalah 92%, skor rata – rata ahli media sebesar 92 % yang mendapatkan kategori sangat valid. Kemudian untuk rata – rata skor guru sebesar 81% mendapatkan kategori praktis dan rata – rata skor peserta didik sebesar 83,42% yang mendapatkan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilaian yang di dapatkan maka Modul Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Literasi Matematika dinyatakan valid dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul, literasi matematika, bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:45
Last Modified: 14 Oct 2024 08:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76443

Actions (login required)

View Item View Item