Devi Prihartanti, Oktavia (2023) Pengembangan modul untuk membelajarkan literasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006100_JUDUL__231012031411.pdf Download (534kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006100_BAB_I__231012104734.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006100_BAB_II__231012104734.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006100_BAB_III__231012104734.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006100_BAB_IV__231012104734.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006100_BAB_V__231012104735.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006100_DAFTAR_PUSTAKA__231012104735.pdf Download (224kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006100_LAMPIRAN__231012104735.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006100_NASKAH_PUBLIKASI__231012104735.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta diperoleh informasi bahwa peserta didik masih kurang akan pemahaman literasi matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan modul materi bangun ruang sisi datar untuk membelajarkan literasi matematika dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul materi bangun ruang sisi datar untuk membelajarkan literasi matematika.
Peneliti mengembangkan modul ini dengan model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta berjumlah 28 peserta didik. Sebelum diujicobakan modul ini divalidasi oleh para ahli materi dan ahli media. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket, dan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil yang diperoleh skor rata – rata ahli materi adalah 92%, skor rata – rata ahli media sebesar 92 % yang mendapatkan kategori sangat valid. Kemudian untuk rata – rata skor guru sebesar 81% mendapatkan kategori praktis dan rata – rata skor peserta didik sebesar 83,42% yang mendapatkan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilaian yang di dapatkan maka Modul Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Literasi Matematika dinyatakan valid dan praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul, literasi matematika, bangun ruang sisi datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:45 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76443 |
Actions (login required)
View Item |