Evaluasi pelaksanaan program asesmen kompetensi minimum dan survei karakter di kelas 5 SD Negeri Nogopuro Yogyakarta

Chayani, Reni (2024) Evaluasi pelaksanaan program asesmen kompetensi minimum dan survei karakter di kelas 5 SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005134_JUDUL__240927121253.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005134_BAB_I__240927121253.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005134_BAB_II__240927121253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005134_BAB_III__240927121253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005134_BAB_IV__240927121253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005134_BAB_V__240927121253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005134_DAFTAR_PUSTAKA__240927121253.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005134_LAMPIRAN__240927121253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian evaluasi program berlatar belakang kebijakan program Asesmen Nasional (AN) yang memiliki beberapa hambatan dalam pelaksanaan di lapangan. Permasalahan yang ditemukan diantaranya, fasilitas sarana dan prasarana untuk pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak memadai, jaringan internet di sekolah tidak stabil, terbatasnya proktor, teknisi dan pengawas. Server pusat mengalami gangguan dan ruangan komputer yang tidak sesuai dengan ketentuan. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan data analisis tindak lanjut dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter yang telah dilaksanakan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta sebagai peningkatan mutu pendidikan.
Penelitian evaluatif yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dan model CIPP (context, input, process dan product). Teknik penelitian yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 10 orang terdiri 8 peserta didik dari kelas 5A dan 5B, satu kepala sekolah dan satu guru kelas 5 SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk uji keabsahan data. Analisa data dilakukan dalam empat tahap dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data verifikasi.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil evaluasi context latar belakang, kebijakan dan tujuan program ANBK dapat dijelaskan dan dipahami dengan baik. Namun, pemahaman terkait dengan informasi program Asesmen perlu diberikan kepada peserta didik dengan baik; 2) Hasil evaluasi input sarana dan prasarana, kesiapan peserta didik, serta Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Program ANBK tersiapkan dan masuk dalam kategori siap. Semua pihak berkerjasama agar program dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari sosialisasi, bimbingan hinggga pelatihan yang telah diikuti serta selenggarakan; 3) Hasil evaluasi process mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi ANBK tersusun dengan baik meskipun terdapat permasalahan teknis dan kondisi ruangan yang dapat diperbaiki kedepannya. Literasi dapat ditingkatkan dengan minat baca dan juga penyelesaian soal yang memiliki kesulitan tingkat tinggi dalam pembelajaran. Nilai dalam kategori Profil Pelajar Pancasila dapat dijelaskan dan pemberian contoh secara langsung agak peserta didik tidak bingung; dan 4) Hasil evaluasi product hasil pencapaian yang didapatkan terdapat kenaikan walaupun tidak signifikan tetapimenunjukkan terdapat perubahan. Berbagai kegiatan sekolah sudah terlaksana dengan baik melalui rancangan bulanan dan tahunan. Refleksi dan tindak lanjut dilaksanakan karena hal tersebut berkesinambungan dengan apa yang menjadi tujuan sekolah. Konsistensi dalam pelaksanaan kegiatan program sekolah juga perlu dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Asesmen nasional, asesmen kompetensi minimum, survei karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:00
Last Modified: 16 Oct 2024 04:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76494

Actions (login required)

View Item View Item