Nanda Putri, Raehani (2023) Profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kelas IX SMP Negeri 2 Banjarnegara pada mata pelajaran IPA Biologi, Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800008060_JUDUL__230703010338.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800008060_BAB_I__230703010338.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800008060_BAB_II__230703010338.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800008060_BAB_III__230703010338.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800008060_BAB_IV__230703010338.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800008060_BAB_V__230703010338.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800008060_DAFTAR_PUSTAKA__230703010338.pdf Download (145kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800008060_LAMPIRAN__230703010338.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis ialah keahlian seseorang dalam menemukan data serta pemecahan dari sesuatu permasalahan dengan metode bertanya kepada dirinya sendiri guna menggali data tentang permasalahan yang tengah dialami. Perlunya atau pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran IPA adalah mempersiapkan siswa agar menjadi pemecah masalah yang tangguh, pembuat keputusan yang matang, dan orang yang tak pernah berhenti belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 2 Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Banjarnegara. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan IX C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pnelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kelas IX A dan C pada mata pelajaran IPA Biologi tergolong cukup baik. Hal ini ditinjau dari aspek dan juga indikator berpikir kritis. Pada aspek mengatur strategi dan taktik diperoleh hasil yang tergolong baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah menguasai aspek tersebut. Pada aspek memberikan penjelasan sederhana diperoleh hasil yang tergolong cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum menguasai aspek tersebut, dan perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada aspek memberikan penjelasan lanjut diperoleh hasil yang tergolong cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum menguasai aspek tersebut, dan perlu adanya pendampingan unruk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada aspek keterampilan dasar berpikir diperoleh hasil yang tergolong cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum menguasai aspek tersebut, dan perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada aspek menyimpulkan diperoleh hasil yang tergolong cukup baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa belum menguasai aspek tersebut, dan perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori baik sebanyak 10 responden, kategori cukup baik sebanyak 19 responden, dan kurang baik sebanyak 21 responden, tidak ada yang mendapatkan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil, berpikir kritis, sekolah menengah pertama (SMP) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:30 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76505 |
Actions (login required)
View Item |