Pengembangan modul berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi gaya dan gerak bagi siswa kelas IV SD

Anggun Megita, Friska (2023) Pengembangan modul berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi gaya dan gerak bagi siswa kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005142_JUDUL__230914072806.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005142_BAB_I__230914072806.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005142_BAB_II__230914072806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005142_BAB_III__230914072806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005142_BAB_IV__230914072806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005142_BAB_V__230914072806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005142_DAFTAR_PUSTAKA__230914072806.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005142_LAMPIRAN__230914072806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005142_NASKAH_PUBLIKASI__230915041547.pdf

Download (289kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran di kelas masih menggunakan sumber belajar tunggal belum ada penunjang yang lainnya. Mayoritas guru dalam mengajar hanya menggunakan buku cetak dari pemerintah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, mengetahui kualitas serta mengetahui kelayakan modul berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi gaya dan gerak bagi siswa kelas IV SD.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun peneliti tidak melakukan tahap implementation karena keterbatasan waktu. Teknik pengumpulan data pada pengembangan produk ini yaitu observasi, wawancara, dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk dapat mendeskripsikan komentar atau saran yang diperoleh dari para ahli, respon guru dan respon peserta didik. Teknik analisis kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk dari hasil penilaian ahli, respon guru dan respon peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian dari ahli media diperoleh nilai 95 dengan kategori “Baik Sekali”, ahli materi 88, 3 dengan kategori “Baik Sekali”, ahli pembelajaran 100 dengan kategori “Baik Sekali”, ahli bahasa 74, 5 dengan kategori “Baik”, penilaian respon guru 92, 5 dengan kategori “Baik Sekali” dan penilaian respon peserta didik 91,78 dengan kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan data tersebut diperoleh penilaian rata-rata keseluruhanya 91, 24 dengan kategori “Baik Sekali” menunjukkan bahwa modul berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya dan Gerak Bagi Kelas IV SD berkualitas dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul, project based learning, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:29
Last Modified: 16 Oct 2024 04:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76513

Actions (login required)

View Item View Item