Proses pembelajaran Al-Islam dalam perspektif perkembangan sosial-emosional anak sekolah dasar studi kasus di SD Muhammadiyah Mlangi Sleman Yogyakarta

Mahardhika, Muhammad Fajrul (2024) Proses pembelajaran Al-Islam dalam perspektif perkembangan sosial-emosional anak sekolah dasar studi kasus di SD Muhammadiyah Mlangi Sleman Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052075_JUDUL__240816032902.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052075_BAB_I__240815091706.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052075_BAB_II__240815091706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052075_BAB_III__240815091706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052075_BAB_IV__240815091706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052075_BAB_V__240815091706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052075_DAFTAR_PUSTAKA__240815091706.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2242052075_LAMPIRAN__240815091706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy

Abstract

Al-Islam merupakan pembelajaran yang bertujuan membentuk karakter siswa di SD Muhammadiyah. Menimbang pentingnya pembentukan karakter siswa, maka pembelajaran Al-Islam harus memperhatikan tahap perkembangan sosio-emosional anak sekolah dasar. Hal tersebut diperuntukkan guna mengatasi demoralisasi siswa akibat faktor ketidakpahaman siswa terhadap nilai-nilai yang diajarkan dalam pembelajaran AI-Islam. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran Al-Islam dalam perkembangan sosial-emosional anak sekolah dasar, interpretasinya terhadap proses pembelajaran Al Islam di SD Muhammadiyah Mlangi dalam mengatasi kurangnya pemahaman terhadap
pembelajaran Al-Islam dan mengembangkan hubungan sosial yang baik dan mengelola diri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis pendekatan studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi
terhadap sampel data yang dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu, meliputi guru pembelajaran Al -Islam dan Wakil Kepala ISMUBA. Data yang terhimpun dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan pendekatan dan model perkembangan sosial-emosional melalui proses reduksi, verifikasi, dan penyajian data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Mlangi memiliki peran penting, sehingga pembelajaran AlIslam di sekolah tersebut memiliki dampak positif dalam perkembangan sosial-emosional siswa. Lebih lanjut lingkungan sekolah dan keluarga memainkan peran penting dalam prosesnya. Teori pembelajaran Al-Islam diterapkan untuk membantu
siswa mengatasi kendala perkembangan sosial-emosional dan meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama Islam, keterampilan akademis, dan perilaku positif. Pembelajaran berfokus pada perkembangan sosial-emosional anak, dengan guru dan orang tua memainkan peran penting dalam menyediakan lingkungan yang mendukung. Teori perkembangan sosial-emosional siswa dapat diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar melalui pendekatan yang memperhatikan kebutuhan individual anak, meliputi pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Lantas pendidik memiliki peran penting dalam membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam perkembangan sosial-emosional siswa melalui nilai-nilai dan ajaran yang diajarkan dalam islam.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Pembelajaran Al-Islam, perkembangan sosial-emosional, anak sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:41
Last Modified: 28 Oct 2024 04:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77063

Actions (login required)

View Item View Item