Nurmaya, Iis (2024) Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying melalui pendidikan karakter pada siswa kelas atas di SD Muhammadiyah Banguntapan Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005222_JUDUL__240823053820.pdf Download (758kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005222_BAB_I__240823053820.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005222_BAB_II__240823055001.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005222_BAB_III__240823055001.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005222_BAB_IV__240823055040.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005222_BAB_V__240823055040.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005222_DAFTAR_PUSTAKA__240823055153.pdf Download (156kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005222_LAMPIRAN__240823055153.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005222_NASKAH_PUBLIKASI__240823055153.pdf Download (379kB) |
Abstract
Permasalahan bullying yang terjadi di jenjang sekolah dasar di Indonesia masih terbilang tinggi. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying yang terjadi di sekolah serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas atas di SD Muhammadiyah Banguntapan Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas IV & V. Objek dari penelitian ini adalah peran guru dalam mengatasi bullying verbal dan fisik pada siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Banguntapan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian peran guru kelas dalam mengatasi bullying verbal dan fisik, yaitu guru sebagai konselor dalam mengatasi bullying verbal dan fisik dengan memberikan bimbingan berupa arahan, teguran, pemberian sanksi serta mengintegrasikan upaya anti-bullying dalam proses pembelajaran. Guru sebagai konselor tentunya mempunyai langkah dalam penyelesaian perilaku bullying fisik dan verbal, dalam penyelesaian bullying fisik guru menjadi jembatan dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi dengan mempertemukan pihak-pihak yang terkait untuk menyelesaikan permasalahan. Faktor pendukung yaitu adanya kerja sama antar guru, kepala sekolah dan warga sekolah serta kebijakan sekolah anti-bullying yang jelas dan tegas memberikan panduan bagi guru untuk bertindak dalam mengatasi perilaku bullying verbal seperti program poster anti bullying, serta sanksi yang diberikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua siswa masih kurang sepenuhnya memberikan peran dalam mengatasi perilaku bullying keterbatasan waktu untuk memantau siswa, penolakan dari siswa dan orang tua yang takut melaporkan insiden serta orang tua tidak kooperatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru, bullying, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:12 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77079 |
Actions (login required)
View Item |