Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Kelas X

Siti Faozah, Ghina (2024) Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000028122_JUDUL__240826082159.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000028122_BAB_I__240823071857.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000028122_BAB_II__240823071857.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000028122_BAB_III__240823071857.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000028122_BAB_IV__240823071857.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000028122_BAB_V__240823071857.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000028122_DAFTAR_PUSTAKA__240823071857.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000028122_LAMPIRAN__240823071857.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan guru dalam mengajar dengan berbagai variasi gaya membuat siswa lebih terinovasi dan semangat dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran yang dilakukan tersampaikan kepada siswa didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Bahasa Arab dan beberapa siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga telah mengimplementasikan berbagai variasi gaya dalam pembelajaran, diantaranya: variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, dan gerakan tubuh Sedangkan variasi media pembelajaran menggunakan media visual diantaranya: PPT, word wall, quizizz dan media gambar. Sementara variasi pola interaksi dalam pembelajaran, peneliti mengidentifikasikan pada tiga pola interaksi diantaranya: guru kepada siswa, siswa kepada guru dan siswa kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Variasi, gaya pembelajaran, media pembelajaran, pola interaksi, dan pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 26 Oct 2024 06:23
Last Modified: 26 Oct 2024 06:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77089

Actions (login required)

View Item View Item