Penerapan model Integrated Curriculum di SMP Muhammadiyah Plus Klaten

Sa'id, Sukron (2024) Penerapan model Integrated Curriculum di SMP Muhammadiyah Plus Klaten. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2208046075_JUDUL__240919113104.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2208046075_BAB_I__240918032738.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2208046075_BAB_II__240918032738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2208046075_BAB_III__240918032738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2208046075_BAB_IV__240918032738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2208046075_BAB_V__240918032738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2208046075_DAFTAR_PUSTAKA__240918032738.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2208046075_LAMPIRAN__240918032738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2208046075_NASKAH_PUBLIKASI__240918032739.pdf

Download (229kB)

Abstract

Kurikulum memainkan peran penting dalam menentukan arah pendidikan dan kualitas lulusan. Model Integrated Curriculum di SMP Muhammadiyah Plus Klaten dirancang untuk menggabungkan kurikulum nasional dengan nilai-nilai agama, menciptakan pendidikan yang holistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Model Integrated Curriculum, meliputi tujuan dan filosofi kurikulum, isi materi, proses pembelajaran, dan evaluasi kurikulum, serta mengatasi tantangan yang muncul dalam proses integrasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian meliputi wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memahami implementasi kurikulum secara menyeluruh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Integrated Curriculum berhasil mencapai tujuan pendidikan holistik dengan mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual. Isi kurikulum mencakup berbagai mata pelajaran dari kurikulum nasional dan pendidikan agama, dengan proses pembelajaran yang melibatkan metode interaktif. Evaluasi kurikulum menunjukkan dampak positif pada pengembangan karakter siswa, meskipun tantangan seperti manajemen waktu dan integrasi disiplin ilmu ada. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana kurikulum terintegrasi dapat digunakan untuk menciptakan pendidikan yang seimbang dan komprehensif di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Integrated curriculum, pendidikan holistik, integratif, SMP Muhammadiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:37
Last Modified: 29 Oct 2024 04:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77170

Actions (login required)

View Item View Item