AINUN CAHAYA RAMDHANI, PUTRI (2024) Analisis hambatan penggunaan media pembelajaran berbasis digital di SD Negeri Bungkus Parangtritis. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005093_JUDUL__240922012737.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005093_BAB_I__240922012737.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005093_BAB_II__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005093_BAB_III__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005093_BAB_IV__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005093_BAB_V__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005093_DAFTAR_PUSTAKA__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005093_LAMPIRAN__240922012737.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran berbasis digital yang belum maksimal karena berbagai hambatan, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan infrastruktur yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan penggunaan media pembelajaran berbasis digital serta solusi mengatasi hambatan penggunaan media pembelajaran berbasis digital.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II, III, IV dan V. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bungkus Parangtritis. Objek penelitian ini adalah Hambatan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital di SD Negeri Bungkus Parangtritis.Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil Penelitian dibagi menjadi dua bagian. Pertama, hambatan penggunaan media pembelajaran berbasis digital di SD Negeri Bungkus meliputi, kurang mendukungnya infrastruktur dalam pembelajaran, kemudian kurangnya persiapan sumber daya manusia (SDM), keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman dalam menggunakan IT dan kurangnya keterampilan dalam membuat media pembelajaran berbasis digital. Kedua, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi pada penggunaan media pembelajaran berbasis digital yakni dengan adanya kesadaran dari diri untuk menambah pengetahuan tentang media berbasis digital, kemudian pentingnya mengikuti pelatihan tentang IT dalam membuat media pembelajaran berbasis digital baik yang diadakan oleh sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Sehingga meberikan kontribusi baru dalam penggunaan teknologi di sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, berbasis digital, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77289 |
Actions (login required)
View Item |