Agustin, Nelvi (2023) Pengaruh model pembelajaran project based learning PjBL terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas v di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005248_JUDUL__230808105329.pdf Download (757kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005248_BAB_I__230808105329.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005248_BAB_II__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005248_BAB_III__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005248_BAB_IV__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005248_BAB_V__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005248_DAFTAR_PUSTAKA__230808105329.pdf Download (98kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005248_LAMPIRAN__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005248_NASKAH_PUBLIKASI__230808105329.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
Abstract
Seorang pendidik dalam menyampaikan materi perlu memilih model mana yang
sesuai dengan keadaan kelas atau siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti
pelajaran. Pentingnnya penerapan model pembelajaran sangat perlu diperhatikan karena
siswa memiliki perbedaan dalam kemampuan, bakat, minat, ketahanan dan semangat.
Dalam proses pembelajaran IPS siswa cenderung pasif karena siswa hanya menulis dan
mendengarkan saja, siswa juga sulit untuk memahami konsep yang di berikan oleh guru
karena siswa hanya. Salah satu model pembelajaran yang cukup aktif dan inovatif untuk
menunjang keberhasilan belajar siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning
(Pjbl) adalah merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa (student
centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberikan
kesempatan untuk mengolah pembelajaran didalam kelasnya dengan melibatkan kerja
proyek. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh
model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik
pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah
Karangbendo Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
peserta didik kelas V yang berjumlah 50 orang. Sampel pada penelitian ini adalah peserta
didik kelas V-A yang berjumlah 25 putra dan V-B yang berjumlah 25 putri. Dalam
penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah penggunaan model pembelajaran, variabel
terikatnya (Y) adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Teknik
pengumpulan data terdiri dari tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri
dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan rata-rata simpangan baku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model
pembelajaran project based learning pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi
kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta yaitu berdasarkan rata-rata
posttest dari kedua kelas, terlihat bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol, dengan menggunakan Uji
T diperoleh bahwa bahwa nilai sig. (2-failed) pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 yaitu
terdapat pengaruh pada perlakuan di kelas eksperimen. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL)
terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi
kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Sehingga keefektifan hasil
belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah
Karangbendo Yogyakarta membuat peserta didik lebih percaya diri, lebih bersemangat dan
lebih aktif dalam menyelesaikan proyek dan permasalahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | model pembelajaran, project based learning, ips, jenis usaha ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:59 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77313 |
Actions (login required)
View Item |