Marwati, Eka (2023) Implementasi metode Hybrid PLS-SEM dan ANN untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel laten (studi kasus pada evaluasi hubungan atribut design web terhadap kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900015045_JUDUL__230904014044.pdf Download (659kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900015045_BAB_I__230904014044.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900015045_BAB_II__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900015045_BAB_III__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900015045_BAB_IV__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900015045_BAB_V__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900015045_DAFTAR_PUSTAKA__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900015045_LAMPIRAN__230904014044.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Structural Equation Modeling (SEM) merupakan teknik analisis multivariat yang mampu menganalisis hubungan antara variabel laten dengan indikatornya dan hubungan antar variabel laten. Analisis SEM berbasis kovarians secara teoritis membutuhkan persyaratan yang ketat, sebagai alternatif terdapat SEM berbasis komponen dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang tidak bergantung pada banyak asumsi. PLS-SEM mengasumsikan bahwa hubungan antara variabel laten dengan indikatornya dan hubungan antar variabel laten adalah linier. Penggabungan PLS-SEM dan Artificial Neural Network (ANN) dapat memberikan akurasi prediksi yang lebih tinggi karena ANN mampu mengidentifikasi hubungan non linier. Penelitian ini menggunakan data hasil survey kepuasan pelanggan situs belanja online dari situs web kaggle dengan 73 responden. Dari analisis PLS-SEM dan ANN diperoleh hasil bahwa variabel interaktivitas, navigasi, dan warna situs web berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel navigasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan, serta variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling tinggi terhadap loyalitas pelangggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | PLS-SEM, ANN, PLS-SEM-ANN, hybrid, webdesign |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:37 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77321 |
Actions (login required)
View Item |