Rizky Nur Risam, Muhammad (2023) Implementasi strategi pembelajaran PAI bagi siswa ABK Tunagrahita di SDN Gadingan Wates Tahun Ajaran 2022 2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900331011_JUDUL__230609044012.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900331011_BAB_I__230609044012.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900331011_BAB_II__230609044012.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900331011_BAB_III__230609044012.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900331011_BAB_IV__230609044012.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900331011_BAB_V__230609044012.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900331011_DAFTAR_PUSTAKA__230609044012.pdf Download (453kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900331011_LAMPIRAN__230609044012.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan guru PAI dalam
menerapkan strategi pembelajaran PAI di sekolah inklusi serta guru PAI kesulitan
dalam pengkondisian kelas di sekolah inklusi. Tujuan penelitian yang pertama
untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI pada
siswa tunagrahita di SDN Gadingan Wates, yang kedua untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran PAI pada siswa
tunagrahita di SDN Gadingan Wates. .
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini ditelusuri menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini mengunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian
data, dan membuat kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama bahwa strategi pembelajaran
PAI yang diterapkan oleh guru PAI bagi siswa tunagrahita yani strategi
pembelajaran langsung, strategi pembelajaran kooperatif dengan model diskusi,
presentasi, metode ceramah, metode bernyanyi, joyful learning, serta melakukan
pendekatan personal bagi siswa tunagrahita. Kedua faktor pendukung di dalam
guru menerapkan strategi pembelajaran yakni karena adanya media pembelajaran
yang memadahi seperti buku bahan ajar, dan peralatan olahraga anak (POA), serta
adanya guru pendamping khusus. Sementara itu faktor penghambatnya seperti
kesulitannya siswa tunagrahita dalam kemampuan membaca, serta sulitnya guru
dalam mengkondisikan kelas saat proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi Pembelajaran, PAI, Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:22 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77340 |
Actions (login required)
View Item |