Perancangan ulang sistem informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Aisyiyah Yogyakarta dengan metode user centered design

Dwi Rismanto, Aprizal (2023) Perancangan ulang sistem informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Aisyiyah Yogyakarta dengan metode user centered design. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700016074_JUDUL__230823101916.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700016074_BAB_I__230823101916.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700016074_BAB_II__230823101916.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700016074_BAB_III__230823101916.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700016074_BAB_IV__230823101916.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700016074_BAB_V__230823101916.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016074_DAFTAR_PUSTAKA__230823101916.pdf

Download (187kB)

Abstract

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Aisyiyah Yogyakarta digunakan untuk mengelola pendaftaran mahasiswa baru dengan tujuan mempermudah calon mahasiswa mendaftar. Usability testing mengungkapkan beberapa masalah yang dihadapi pengguna, seperti menu yang tidak teratur sehingga pengguna bingung mengenai langkah-langkah yang harus diikuti, kurangnya informasi tentang pembayaran, dan kebingungan mengenai letak formulir yang harus diunduh. Semua ini mengakibatkan kesulitan dalam pengalaman pendaftaran.
Dalam penelitian ini, metode User Centered Design (UCD) digunakan untuk merancang ulang antarmuka pengguna sistem. Prosesnya dimulai dengan mengidentifikasi pengguna melalui observasi, kemudian melalui pengujian kegunaan (usability testing) dan wawancara untuk mengetahui masalah yang dihadapi pengguna saat menggunakan sistem. Masalah-masalah yang ditemukan diorganisir dalam bentuk affinity diagram. Selanjutnya, solusi-solusi untuk masalah tersebut dijadikan dasar untuk merancang ulang sistem. Langkah selanjutnya meliputi pembuatan wireframe dan prototype. Pengujian kedua dilakukan untuk membandingkan kinerja sistem sebelum dan setelah perubahan.
Hasil perbaikan pada Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Aisyiyah Yogyakarta menunjukkan peningkatan signifikan dalam uji kegunaan. Efektivitas meningkat dari 76,70% menjadi 100%, efisiensi meningkat dari 52,70% menjadi 100%, dan tingkat kepuasan pengguna meningkat dari 42 menjadi 89. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rancangan ulang antarmuka berhasil meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Unisa, PMB Online, Prototype, UCD, Perancangan Ulang
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:30
Last Modified: 31 Dec 2024 02:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77933

Actions (login required)

View Item View Item