Stefhani Ananda Yudhaningtyas, Renilda (2024) Analisis hukum perlindungan konsumen terhadap pembatalan event festival musik studi kasus festival musik Serasa Nada 2. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000024274_JUDUL__240921102931.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000024274_BAB_I__240921102931.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000024274_BAB_II__240921102931.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000024274_BAB_III__240921102931.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000024274_BAB_IV__240921102931.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000024274_DAFTAR_PUSTAKA__240921102931.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000024274_LAMPIRAN__240921102932.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000024274_NASKAH_PUBLIKASI__240921102932.pdf Download (741kB) |
Abstract
Musik telah menjadi salah satu bidang yang sangat diminati oleh para pengusaha di industri hiburan, terutama melalui penyelenggaraan festival musik di berbagai tempat. Hal ini berdasarkan pelaku usaha melihat musik sebagai peluang bisnis yang menjanjikan dengan potensi keuntungan yang besar. Beberapa pihak terlibat dalam tindakan ini, yaitu pembeli tiket festival musik sebagai konsumen dan penyelenggara acara yaitu Event Organizer sebagai pelaku usaha. Konsumen dan pelaku usaha menjalin sebuah hubungan melalui kesepakatan dalam jual beli. Namun, karena adanya pembatalan sepihak dan mendadak dari pelaku usaha dan ketidakmampuan pihak pelaku usaha dalam memenuhi perjanjian yang telah disepakati, oleh karena itu pelaku usaha telah melakukan wanprestasi yang menimbulkan kerugian bagi kosnumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme perlindungan hukum dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam festival musik Serasa Nada 2. Metodologi penelitian hukum normatif empiris digunakan dalam penelitian ini, dengan kriteria penelitian yang bersifat deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder, menggunakan kuesioner serta studi kepustakaan (literature research) terhadap peraturan perundang-undangan yang relevan. Data secara metodologis disajikan dalam bentuk teks naratif. Metode analisis data yang diterapkan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha (Event Organizer) telah melanggar hak-hak konsumen dalam beberapa hal. Pelaku usaha (Event Organizer) secara sepihak dan mendadak membatalkan festival musik, sehingga berakibat menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak, yaitu konsumen. Apabila apabila pelaku usaha (Event Organizer) tidak memenuhi hak dan kewajiban konsumen, maka konsumen berhak mendapatkan ganti rugi atau kompensasi. Konsumen dapat melakukan gugatan hukum terhadap pelaku usaha (Event Organizer) apabila melanggar hak-hak konsumen dan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dalam hal penyelenggaraan festival musik. Gugatan untuk meminta pembayaran ganti rugi dapat diajukan dalam bentuk kewajiban untuk melaksanakan atau sebagai kompensasi. Konsumen yang mengalami kerugian akibat pembatalan festival musik secara sepihak dan mendadak dapat mengajukan penyelesaian melalui jalur litigasi atau non-litigasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perlindungan Hukum; Konsumen; Pertanggungjawaban; Pelaku Usaha |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:24 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78516 |
Actions (login required)
View Item |