Augmented reality dalam filter instagram untuk pengenalan jenis monumen nasional sebagai media belajar bagi siswa

Dwi Rahmanza, Septian (2023) Augmented reality dalam filter instagram untuk pengenalan jenis monumen nasional sebagai media belajar bagi siswa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018090_JUDUL__230824021246.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018090_BAB_I__230824021246.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018090_BAB_II__230824021246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018090_BAB_III__230824021246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018090_BAB_IV__230824021246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018090_BAB_V__230824021246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018090_DAFTAR_PUSTAKA__230824021246.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900018090_LAMPIRAN__230824021246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018090_NASKAH_PUBLIKASI__230824021246.pdf

Download (1MB)

Abstract

Historia magistra vitae berarti bahwa sejarah adalah guru kehidupan yang menunjukkan
pentingnya mempelajari sejarah. Dari hasil kajian forum diskusi dictio.id ditemukan bahwa siswa
cenderung tidak menyukai pelajaran sejarah dikarenakan metode yang digunakan tidak menarik
dan hanya fokus untuk menghafal dalam pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah
memberi warna dalam belajar sejarah menggunakan teknologi Augmented Reality dan
memberikan manfaat bagi siswa atau pengunjung dalam mengetahui tentang sejarah Monumen
Nasional yang ada di Yogyakarta.
Penelitian ini membuat aplikasi untuk menggunakan filter Instagram dengan metode
penanda yang membaca objek target untuk menerapkan dan memperkenalkan jenis monumen
nasional menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode MDLC (Multimedia Development
Life Cycle) digunakan dalam tahap penelitian ini yang terdri dari konsep, desain, dokumentasi,
perakitan, pengujian, dan distribusi.
Penelitian ini telah berhasil menerapkan teknologi Augmented Reality. Media
pendidikan ini disajikan dalam tampilan grafis dan visualisasi tiga dimensi (3D). Pengujian Alpha
Test memperoleh hasil 100% dan Beta Test 95,4% sehingga dinyatakan bahwa filter ini layak
digunakan untuk pembelajaran sejarah mengenai monumen sehingga memudahkan siswa
untuk mengingat apa yang akan mereka pelajari dan membantu mereka fokus dengan lebih baik
dengan harapan mendorong siswa untuk lebih sering mengunjungi monumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Augmented Reality; Filter Instagram; Monumen; MDLC; Marker
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:46
Last Modified: 07 Feb 2025 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/79575

Actions (login required)

View Item View Item