Clarita, Ocsin (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis genially untuk peserta didik kelas VII pada materi bilangan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006045_JUDUL__230623062803.pdf Download (824kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006045_BAB_I__230623120922.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006045_BAB_II__230623120922.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006045_BAB_III__230623120922.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006045_BAB_IV__230623120922.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006045_BAB_V__230623120922.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006045_DAFTAR_PUSTAKA__230623120922.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006045_LAMPIRAN__230623120922.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran, selain itu peserta didik tidak memperhatikan dan mendengarkan guru karena lebih asik mengobrol dengan teman sebangku dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik yang mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif yang valid dan juga praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validasi serta angket peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran berbasis genially yang memuat materi bilangan bulat. (2) Berdasarkan uji kevalidan, multimedia pembelajaran dari segi materi memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 96 dengan persentase sebesar 80�n memenuhi kriteria valid. Sedangkan multimedia pembelajaran dari segi media memperoleh jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 91 dengan persentase sebesar 76�n memenuhi kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, pada uji coba kelas kecil multimedia pembelajaran memperoleh persentase sebesar 74�n memenuhi kriteria menarik, sedangkan pada uji coba kelas besar multimedia pembelajaran memperoleh persentase sebesar 86�n memenuhi kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil rata-rata kedua sampel diperoleh rata-rata skor persentase keseluruhan sebesar 75�ngan kriteria menarik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Genially, Bilangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:43 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |