Indah, Indah (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pasien Pulang atas Permintaan Sendiri (APS) di RSUD Dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800029062_JUDUL__230321021836.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800029062_BAB_I__230321021836.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800029062_BAB_II__230321021836.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800029062_BAB_III__230321021836.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800029062_BAB_IV__230321021836.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800029062_BAB_V__230321021836.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800029062_DAFTAR_PUSTAKA__230321021836.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800029062_LAMPIRAN__230321021836.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800029062_NASKAH_PUBLIKASI__230321021836.pdf Download (543kB) |
Abstract
Latar Belakang : Kasus pasien pulang atas permintaan sendiri di Amerika Serikat meningkat 41% dari tahun 1997 sampai dengan 2011. Kejadian pada orang dewasa usia 45 sampai dengan 65 tahun meningkat dari 27% pada tahun 1997 menjadi 41% pada tahun 2011, bagi peserta asuransi medicare terjadi peningkatan sari 25% menjadi 29% namun terjadi penurunan bagi peserta asuransi swasta dari 21% menjadi 16%. Sedangkan berdasarkan dari pihak kepala rawat inap di RSUD dr. H. Marsidi Judono pasien pulang atas permintaan sendiri (APS) pada tahun 2020 sebanyak 1.071% dengan jumlah pasien (PAPS) 68 orang, sedangkan pada tahun 2021 pasien pulang atas permintaan sendiri sebanyak 1.151% dengan jumlah pasien (PAPS) 88 orang. Metode : Penelitian ini menggunakan riset fenomenologi atau phenomenological research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah informan kunci dan informan triangulasi yang berjumlah 10 informan di RSUD dr. H. Marsidi Judono. Dan intrumen penelitian menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil : Pasien merasa ada perbedaan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang di berikan oleh pihak rumah sakit yang tidak menggunakan biaya sendiri atau yang menggunakan biaya sendiri, dan biayanya terlalu mahal namu tidak sesuai dengan pelayanannya di rasakan oleh pasien. Kesimpulan : Pasien masuk dalam ruang perawatan harus menunggu hasil pemeriksaan terlebi dahulu dan prosesnya berbeli-belit, merasa belum mengetahui penyakit apa yang di derita dikarenakan dokternya ganti-ganti, namun sebagaian pasien ada di jelaskan penyakit yang di derita tetapi tidak ada tindakan yang dilakukan dan keterbatasan saat mengakses fasilitas kesehatan di RSUD dr. H. Marsidi Judono. Sebagian besar pasien PAPS tidak menggunakan JKN/BPJS di karenakan bahwa berdampak pada faktor pelayanan yang berikan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasien.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis, Pasien, PPAPS, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RC Internal medicine |
Divisi / Prodi: | Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |