Rezeki, Dwi Tri (2024) Resepsi Mahasiswa di Yogyakarta pada Makna Lagu “Kafir” Karya Jason Ranti. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000030239_JUDUL__240930111239.pdf Download (980kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000030239_BAB_I__240826041438.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000030239_BAB_II__240826041438.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000030239_BAB_III__240826041438.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000030239_BAB_IV__240826041438.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000030239_DAFTAR_PUSTAKA__240826041438.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000030239_LAMPIRAN__240826041438.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000030239_NASKAH_PUBLIKASI__240826041438.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi mahasiswa di Yogyakarta terhadap makna lagu "Kafir" karya Jason Ranti. Lirik lagu sering kali digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada pendengar. Dalam konteks komunikasi, lirik lagu memiliki peran penting dalam mengekspresikan gagasan, pikiran, dan perasaan penciptanya. Lagu "Kafir" oleh Jason Ranti menarik perhatian karena liriknya yang kontroversial dan penuh makna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana lirik lagu dapat mempengaruhi dan membentuk pemahaman sosial di kalangan pendengarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa di Yogyakarta yang mendengarkan lagu "Kafir". Teori resepsi Stuart Hall digunakan untuk menganalisis pemaknaan pendengar terhadap lirik lagu ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan pendengar terhadap lirik lagu "Kafir" bervariasi, terbagi dalam tiga kategori: Dominant reading, negotiated reading, dan oppositional reading. Sebagian besar informan berada pada posisi Dominant reading, yang berarti mereka menerima dan setuju dengan makna yang disampaikan oleh pencipta lagu. Beberapa informan berada pada posisi negotiated reading, di mana mereka menerima sebagian makna tetapi menambahkan interpretasi pribadi mereka. Sementara itu, ada juga informan yang berada pada posisi oppositional reading, yang sepenuhnya menolak makna yang disampaikan dan memiliki interpretasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Resepsi, Lagu "Kafir", Jason Ranti, Mahasiswa Yogyakarta, Decoding Morissan, Teori Resepsi Stuart Hall |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology M Music and Books on Music > ML Literature of music P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 05:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |