Analisis Makna Istilah pada Takarir Unggahan Online Shop di Instagram Indonesia

Devi, Mei Rahmayati (2025) Analisis Makna Istilah pada Takarir Unggahan Online Shop di Instagram Indonesia. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800025017_JUDUL__250326114349.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800025017_BAB_I__250326114349.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800025017_BAB_II__250326114349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800025017_BAB_III__250326114349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800025017_BAB_IV__250326114349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800025017_BAB_V__250326114349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800025017_DAFTAR_PUSTAKA__250326114349.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800025017_LAMPIRAN__250326114349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800025017_NASKAH__250326114349.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA] Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800025017_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250326114349.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kini internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, dengan peningkatan signifikan pengguna di Indonesia. Media sosial seperti Instagram digunakan sebagai platform bisnis online. Setiap online shop memiliki personal branding unik dengan istilah tertentu. Namun, banyak istilah tidak dipahami dengan baik, sehingga penelitian ini berfokus pada semantik untuk menganalisis istilah, mengisi kekosongan literatur, dan mengurangi kesalahpahaman dalam komunikasi bisnis online. Kajian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan jenis makna istilah pada takarir unggahan online shop di Instagram Indonesia.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitiannya yaitu istilah yang terdapat dalam takarir unggahan online shop di Instagram Indonesia, sedangkan objek penelitiannya yaitu semantik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak, catat, simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode padan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada sebanyak 104 data yang telah ditemukan dalam unggahan takarir online shop Instagram di Indonesia. Data yang telah didapatkan dapat diklasifikasikan ke dalam enam jenis makna dari tujuh jenis makna menurut Geoffrey Leech. Di antaranya, ada makna konseptual sebanyak 65 data; makna konotatif sebanyak 8 data; makna sosial sebanyak 2 data; makna afektif sebanyak 9 data; makna kolokatif sebanyak 15 data; dan makna tematik sebanyak 5 data. Semua data tersebut kemudian dijabarkan beserta dengan jenis makna yang terdapat dalam unggahan takarir online shop Instagram di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Istilah, Jenis Makna, Instagram, Takarir, Online Shop
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Apr 2025 05:44
Last Modified: 17 Apr 2025 05:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82973

Actions (login required)

View Item View Item