Hartanto, Dwi (2025) Strategi Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Implementasi Talent Class. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2307046008_BAB_I__250411084634.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2307046008_JUDUL__250411085424.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2307046008_BAB_II__250411084743.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_BAB_III__250411084803.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_BAB_IV__250411084829.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_BAB_V__250411085050.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_DAFTAR_PUSTAKA__250411084908.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
T2_2307046008_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250411091205.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_LAMPIRAN__250411085036.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
T2_2307046008_ABSTRAK__250411084923.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan kreativitas siswa merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan. Namun, rendahnya kreativitas siswa di sekolah masih menjadi masalah yang perlu diatasi, terutama di era yang menuntut kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan adaptif. Hal ini diperparah dengan adanya kesenjangan antara harapan ideal pendidikan dan realita di lapangan, di mana banyak sekolah belum optimal dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diimplementasikan dalam program Talent Class di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada efektivitas program dan memberikan rekomendasi untuk sekolah lain yang ingin menerapkan program serupa untuk menumbuhkan kreativitas siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa, pelatih, coordinator program dan kepala sekolah, observasi partisipatif di kelas Talent Class, dan analisis dokumen terkait program Talent Class.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Talent Class di SMP M-Plus Gunungpring telah berhasil meningkatkan kreativitas siswa melalui identifikasi dan pengembangan minat dan bakat, penerapan metode pembelajaran inovatif, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dukungan optimal dari guru, staf, dan orang tua, serta menghasilkan karya dan prestasi siswa yang kreatif dan inovatif. Sekolah perlu meningkatkan fasilitas dan sumber daya, guru dan staf perlu mengembangkan kompetensi, siswa perlu lebih aktif, dan orang tua perlu memberikan dukungan dan motivasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Kreativitas, Talent Class, Strategi Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Hasil Kreativitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:08 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |