Hendriana, Sigit (2024) Perancangan Prototype Bimbingan Konseling untuk Wali Siswa pada MA Mu’allimin Yogyakarta Berbasis Aplikasi Web dengan Metode User Centered Design (UCD). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000018249_JUDUL__241212025133.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000018249_BAB_I__241212025133.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000018249_BAB_II__241212025133.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000018249_BAB_III__241212025133.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000018249_BAB_IV__241212025133.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000018249_BAB_V__241212025133.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018249_DAFTAR_PUSTAKA__241212025133.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000018249_LAMPIRAN__241212025133.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keterbatasan akses wali siswa terhadap layanan bimbingan konseling di MA Mu’allimin Yogyakarta. Keterbatasan fisik dan waktu terutama bagi wali siswa yang tinggal di luar kota, menyebabkan kesulitan untuk mengikuti sesi konseling secara langsung. Sistem yang ada saat ini hanya mengandalkan grup WhatsApp, yang dinilai kurang efektif untuk memberikan informasi dan dukungan yang diperlukan dalam bimbingan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang protoype aplikasi web bimbingan konseling yang lebih fleksibel dan mudah diakses, serta meningkatkan kualitas komunikasi antara wali siswa dan guru konseling. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dalam mempermudah komunikasi dan meningkatkan keterlibatan wali siswa dalam proses konseling.
Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode ini menitikberatkan pada pemahaman kebutuhan dan preferensi pengguna. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data melalui wawancara dengan guru konseling, penyebaran kuesioner kepada wali siswa, dan studi literatur. Data kuesioner yang dikumpulkan dianalisis untuk merumuskan kebutuhan pengguna. Selanjutnya, dilakukan perancangan antarmuka aplikasi web dan pengujian prototype menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini juga melibatkan wireframing dan pengembangan prototype untuk diuji melalui proses usability testing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe aplikasi web yang dikembangkan efektif dalam memberikan solusi bagi wali siswa dalam mengakses layanan bimbingan konseling secara daring. Pengujian menggunakan UEQ menunjukkan skor yang positif di beberapa dimensi utama, seperti daya tarik, efisiensi, dan keandalan. Skor rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu memenuhi kebutuhan pengguna dan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi wali siswa dalam proses bimbingan konseling di MA Mu’allimin Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | User Centered Design (UCD), Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling. User Experience Questionere |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |