Almadhani, Muhammad Allifan Setya (2025) Pemanfaatan Film Berbahasa Arab sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Sambeng III Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000028144_JUDUL__250118105639.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000028144_BAB_I__250118105639.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000028144_BAB_II__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000028144_BAB_III__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000028144_BAB_IV__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000028144_BAB_V__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000028144_DAFTAR_PUSTAKA__250118105639.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000028144_LAMPIRAN__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2000028144_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250118105639.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek bagaimana film berbahasa Arab
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan bagaimana persepsi siswa kelas V
terhadap pemanfaatan film berbahasa Arab sebagai media pembelajaran bahasa
Arab di MI Ma’arif Sambang III Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan penelitian
Kuantitatif Deskriptif, dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
didapat melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menggunakan kuesioner
yang disebar secara langsung kepada siswa kelas V, adapun populasi siswa/i MI
Ma’arif Sambeng III pada penelitian ini berjumlah 115, dan sampel yang peneliti
ambil sejumlah 23 siswa dari kelas V, kemudian dilakukan wawancara kepada
guru/pengajar bahasa Arab di MI Ma’arif Sambeng III Yogyakarta.
Hasil penelitian ini adalah tentang pemanfaatan film berbahasa Arab
sebagai media pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif Sambeng III Yogyakarta,
terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran
bahasa Arab. Media ini mampu membuat pelajar lebih interaktif, mengurangi
kejenuhan dan meningkatkan minat belajar di MI Ma’arif Sambeng III
Yogyakarta. Penelitian ini dapat ditinjau berdasarkan persepsi siswa terhadap
pemanfaatan film berbahasa Arab sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang
sangat positif, sebagian besar siswa kelas V merasa lebih termotivasi untuk belajar
bahasa Arab dan menganggap bahwa metode ini lebih menyenangkan
dibandingkan metode sebelumnya. Dalam hal ini pemanfaatan film berbahasa
Arab dapat menjadi referensi guru pengajar bahasa Arab untuk dapat diterapkan
sebagai metode pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Film, Media, Pembelajaran Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PJ Semitic P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |