Anpriyanto, Fatoni (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan MIT App Inventor Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas X di SMK N 1 Pundong. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006125_JUDUL__230623070421.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006125_BAB_I__230623070421.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006125_BAB_II__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006125_BAB_III__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006125_BAB_IV__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006125_BAB_V__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006125_DAFTAR_PUSTAKA__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006125_LAMPIRAN__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006125_NASKAH_PUBLIKASI__230623070421.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka menuntut siswa aktif untuk memperoleh materi dan smartphone yang semakin dekat dengan siswa dapat membantu dalam proses pembelajaran. Selain itu, sumber belajar yang masih berupa buku paket yang harus dikembalikan ke perpustakaan dan kesulitan siswa dalam penggunaan rumus dalam materi peluang yang kurang tepat. Disisi lain, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang berisi metode ceramah dan tanya jawab masih belum efektif karena siswa belum terlihat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi peluang untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, selain itu juga untuk mengetahui kepraktisan dan kevalidan dari bahan ajar matematika.
Penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE. Validator penelitian ini yaitu ahli materi dan ahli media serta subjek penelitian peserta didik kelas X SMK N 1 Pundong. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Proses analisis data menggunakan data kualitatif yang didapatkan menjadi dasar data yang diubah ke dalam bentuk kuantitatif untuk menghitung penilaian.
Berdasarkan hasil akumulasi, didapatkan hasil rata – rata dari ahli materi sebesar 4,61 dengan kategori sangat valid dan hasil rata – rata dari ahli media sebesar 4,65 dengan kategori sangat valid. Kemudian pada ujicoba kelas kecil didapat rata – rata sebesar 4,56 dengan kategori sangat praktis dan ujicoba kelas besar didapat rata – rata sebesar 4,53 dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, e-modul model berbasis Problem Based Learning pada materi Peluang untuk siswa SMK kelas X valid dan praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | E-Modul, Problem Based Learning, Peluang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |