Pengembangan E-Modul Menggunakan MIT App Inventor Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas X di SMK N 1 Pundong

Anpriyanto, Fatoni (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan MIT App Inventor Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas X di SMK N 1 Pundong. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006125_JUDUL__230623070421.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006125_BAB_I__230623070421.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006125_BAB_II__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006125_BAB_III__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006125_BAB_IV__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006125_BAB_V__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006125_DAFTAR_PUSTAKA__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006125_LAMPIRAN__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006125_NASKAH_PUBLIKASI__230623070421.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka menuntut siswa aktif untuk memperoleh materi dan smartphone yang semakin dekat dengan siswa dapat membantu dalam proses pembelajaran. Selain itu, sumber belajar yang masih berupa buku paket yang harus dikembalikan ke perpustakaan dan kesulitan siswa dalam penggunaan rumus dalam materi peluang yang kurang tepat. Disisi lain, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang berisi metode ceramah dan tanya jawab masih belum efektif karena siswa belum terlihat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi peluang untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, selain itu juga untuk mengetahui kepraktisan dan kevalidan dari bahan ajar matematika.
Penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE. Validator penelitian ini yaitu ahli materi dan ahli media serta subjek penelitian peserta didik kelas X SMK N 1 Pundong. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Proses analisis data menggunakan data kualitatif yang didapatkan menjadi dasar data yang diubah ke dalam bentuk kuantitatif untuk menghitung penilaian.
Berdasarkan hasil akumulasi, didapatkan hasil rata – rata dari ahli materi sebesar 4,61 dengan kategori sangat valid dan hasil rata – rata dari ahli media sebesar 4,65 dengan kategori sangat valid. Kemudian pada ujicoba kelas kecil didapat rata – rata sebesar 4,56 dengan kategori sangat praktis dan ujicoba kelas besar didapat rata – rata sebesar 4,53 dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, e-modul model berbasis Problem Based Learning pada materi Peluang untuk siswa SMK kelas X valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: E-Modul, Problem Based Learning, Peluang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Feb 2025 02:41
Last Modified: 08 Feb 2025 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/80044

Actions (login required)

View Item View Item