Sari, Novta Indah (2023) Analisis Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik SD Muhammadiyah MBS Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005241_JUDUL__230911011443.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005241_BAB_I__230911011443.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005241_BAB_II__230911011443.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005241_BAB_III__230911011443.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005241_BAB_IV__230911011443.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005241_BAB_V__230911011443.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005241_DAFTAR_PUSTAKA__230911011443.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005241_LAMPIRAN__230911011443.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005241_NASKAH_PUBLIKASI__230911011443.pdf Download (887kB) |
Abstract
Sari, Novta Indah. 2023. “Analisis Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik SD Muhammadiyah MBS Prambanan”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan
ABSTRAK
Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dimiliki oleh setiap peserta didik agar dapat berfungsi optimal sebagai individu dan anggota masyarakat yang kritis, mandiri, dan produktif. Peserta didik yang memiliki keterampilan tingkat tinggi lebih terbuka pada adanya berbagai perbedaan atau keragaman, tidak mudah menerima suatu informasi tanpa bukti atau alasan yang berdasar, tidak mudah terpengaruh atau terbawa arus, mereka mandiri dalam berpikir dan bertindak, dapat membedakan hal yang penting dan prioritas sehingga dapat menghasilkan karya nyata yang bermanfaat. Pada akhirnya keterampilan berpikir tingkat tinggi diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran, 2) Bagaimana penilaian pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik, 3) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang mengacu pada keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pada pendekatan kualitatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswi kelas V dan 1 orang guru kelas V di SD Muhammadiyah MBS Prambanan Yogyakarta. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan telah mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ditemukan jumlah keseluruhan indikator HOTS terdapat 20 indikator sedangkan yang berada pada level LOTS terdapat 6 indikator; 2) Penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kemampuan berfikir tingkat tinggi atau HOTS dengan baik dan benar, yang didominasi dengan Kata Kerja Oprasional (KKO) pada tingkatan C4 terdapat 4 indikator, C5 ditemukan 3 indikator dan C6 terdapat 5 indikator; 3) Penilaian pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan telah didominasi oleh soal-soal yang berbentuk berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Soal yang bertipe HOTS berjumlah 27 butir soal sedangkan soal yang LOTS berjumlah 18 butir soal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keterampilan berpikir tingkat tinggi, tematik, perencanaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 May 2025 03:09 |
Last Modified: | 24 May 2025 03:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |